Apa Itu Penyakit Vitiligo ?

By | May 5, 2014
Share

Penyakit vitiligo menyerang kulit sehingga terlihat penderita vitiligo memiliki kulit dengan bagian ada yang tidak berwarna. Banyak yang merasa malu dengan keadaan kulitnya yang terdapat vitiligo. Apalagi, bagian kulit itu terdapat di bagian tubuh yang terlihat orang lain seperti wajah, leher, kaki dan lengan.

Penyakit vitiligo adalan jenis kelainan kulit yang terjadi akibat hilangnya melanin pada kulit dikarenakan melanosit tidak bisa lagi menghasilkan melanin.

Melanin adalah pigmen kulit berwarna kecoklatan dengan tugas menghadang efek buruk sinar matahari. Melanin merupakan pembentuk warna pada rambut, kulit dan mata,

Gejala awal hadirnya vitiligo adalah munculnya bercak-bercak putih pucat pada kulit. Semakin lama, bercak putih pucat itu menebal dan warna asli kulit hilang. Fenomena kesehetan ini dikenal sebagai depigmentasi yaitu kondisi kulit yang sama sekali tidak bisa menghasilkan pigmen.

Cara Pengobatan Penyakit Vitiligo

Penyakit vitiligo sebaiknya diobati. Pilih jenis pengobatan terbaik. Penyakit vitiligo bisa mengakibatkan penyakit kanker kulit jika kita abaikan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Phototerapy dengan cahaya UVA
Dilakukan 2 kali seminggu selama 6 – 12 bulan.
2. Phototerapy dengan cahaya UVB
3. Treatment Steroid Topical
Mengoleskan krim steroid pada bagian yang terkena vitiligo
4. Donor melanosit
5. Kamuflase kulit
Dengan menyamarkan area yang terkena vitiligo dengan teknik makeup.
6. Nutrisi Bioaktif
Nutrisi bioaktif merupakan nutrisi yang mengandung senyawa kompleks yang mampu mengaktifkan kembali sel-sel kulit yang rusak. Jus Tahitian Noni adalah nutrisi bioaktif yang terbukti menyembuhkan penyakit vitiligo.

Jika Anda penderita penyakit vitiligo, silahkan memilih bentuk terapi penyakit yang anda rasa cocok.