Apa Saja Penyebab Penyakit Kanker ?

By | April 16, 2015
Share

Penyakit kanker disebabkan oleh banyak hal. Artikel ini menjelaskan bebarapa hal yang menjadi penyebab penyakit kanker sehingga kita bisa melakukan tindakan untuk mencegah penyakit kanker. Bagaimanapun mencegah penyakit kanker lebih baik dibandingkan mengobati penyakit kanker.

Fakta yang diperlihatkan data statistik baik dari Departemen Kesehatan RI maupun badan kesehatan dunia membuktikan bahwa penderita penyakit kanker meningkat dari tahun ke tahun, terutama di negara berkembang. Saat yang sama, biaya untuk mengobati penyakit kanker-pun terhitung makin besar.

Obat penyakit hipotiroid

Penyakit hipotiroid

Dalam siklus tubuh, sel tubuh membelah dan terbentuk sel baru untuk menggantikan sel tua yang tidak berfungsi lagi. Sel yang tidak berfungsi ini akan dibuang. Sayangnya, ada sel tidak normal yang enggan untuk dibuang keluar dari tubuh. Sel tidak normal ini terus membiak, membentuk jaringan dan menularkan ke jaringan tubuh yang lain.

Jadi tidak heran, jika sel tidak normal yang terbentuk di paru – paru yang mewujud menjadi penyakit kanker paru – paru akan menyebar ke tulang, ke darah, ke hati dan lain sebagainya. ( Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit kanker paru – paru )

Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya sel kanker. Berikut beberapa diantaranya :

1. Tekanan Mental
Banyak yang tidak sadar bahwa kondisi psikologis kita yang tertekan, labil dan emosional memicul pembentukan sel kanker. Kondisi psikologis yang negatif berpengaruh besar pada proses penyembuhan pasien kanker. Tugas pertama ketika berhadapan dengan pasien kanker adalah membangkitkan kepercayaan diri bahwa ia bisa sembuh dari penyakit kankernya.

2. Paparan Radiasi 
Radiasi bisa berasal dari cahaya ultraviolet matahari atau cahaya yang lain seperti sinar X atau sinat rontgen.

3. Asap Rokok
Asap rokok baik dari perokok aktif maupun perokok pasif akan mempengaruhi sel – sel di paru -paru. Sel – sel berkembang tidak normal akibat masuknya zat asing ke dalam tubuh.

4. Konsumsi Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol bisa menjadi pemicu kanker kerongkongan. Hati – hati dengan minuman keras ini.

5. Perilaku seks yang menyimpang
Perilaku seks yang menyimpang seperti seks bebas, anal seks atau bahkan seks dengan binatang bisa memicu kanker yang berhubungan dengan organ reproduksi, mulai dari testis hingga rahim. ( Baca juga : Cara alami penyembuhan kanker prostat )

6. Pola makan yang tidak sehat
Jenis makanan yang di asap, dibakar, diasamkan, berbahan pengawet atau junk food berperan dalam munculnya kanker yang berhubungan dengan organ pencernaan, mulai dari kerongkongan hingga usus.

7. Faktor Genetik atau keturunan
Bila orang tua memiliki penyakit kanker ada kemungkinan penyakit kanker itu menurun ke anaknya. Beberapa jenis penyakit kanker yang disebabkan juga oleh faktor keturunan adalah penyakit kanker usus besar, penyakit kanker kulit dan penyakit kanker payudara. ( Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit kanker usus besar )

Leave a Reply