Apa Yang Harus Kita Lakukan Untuk Pasien Kanker ?

By | September 1, 2016
Share

Perjuangan melawan kanker bukan hal main-main. Dalam kasus kanker, diperlukan peran keluarga untuk mendukung upaya penyembuhan.

Perjuangan melawan kanker tersebut berlangsung bukan dalam hitungan minggu, namun bertahun – tahun. Tidak jarang, penderita kanker yang sudah dinyatakan sembuh, akan terkena serangan kanker lagi di tahun – tahun berikutnya dengan jenis kanker yang lebih kuat. Bahkan, kematian menjadi resikonya pada serangan kanker kedua ini.

Peran keluarga-lah,  apakah itu suami atau istri, anak, orang tua, paman dan bibi dan para sahabat menjadi sangat penting. Peran untuk menciptakan lingkungan positif dan optimis dalam jangka waktu bertahun – tahun.

Nah, jika Anda memiliki keluarga atau sahabat yang sedang berjuang melawan kanker, berikut ini beberapa cara memberikan dukungan:

Besarkan hatinya

Semangat…semangat…semangat ….

Berjuang melawan kanker memang bukan hal mudah. Kanker bukan hanya menggerogoti tubuh, tetapi juga mencabik-cabik emosi, mengganggu kehidupan sosial juga yang jelas, finansial seseorang. Maka, besarkan hatinya. Berilah penghiburan agar terus memiliki semangat sembuh. Jika perlu belikanlah buku, kisah sembuh survivor kanker misalnya.

Atau ceritakan padanya, kisah-kisah sembuh pejuang kanker yang Anda ketahui. Intinya, dia harus selalu memiliki keyakinan, bahwa kesembuhan bukan hal mustahil. Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit mioma tanpa operasi

Bantu Mendapat Makanan Sehat

Pejuang kanker membutuhkan asupan makanan sehat. Padahal, dalam kondisi lemah, besar kemungkinan dia sulit memenuhi kebutuhannya sendiri. Bantu dia dengan menyediakan bahan makanan sehat, membuatkan smoothie buah atau jus sayur sebagai amunisi menumpas kankernya. Upayakan tidak membeli atau menyimpan makanan yang menjadi pantangannya di rumah. Apalagi menyantap di hadapannya. Turutlah berempati dengan perjuangannya.

Temani Berobat

Antar dan temanilah dia ke dokter, RS atau fasilitas kesehatan lainnya untuk melakukan konsultasi atau sekadar melakukan pemeriksaan. Percayalah, tindakan ini akan membuatnya merasa didukung, sehingga semangatnya akan terus ada. Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit kista ovarium tanpa operasi

Refreshing

Kala kondisinya sudah memungkinkan, ajaklah dia jeda sejenak dari “memikirkan” kankernya. Ajak dia melakukan hobi yang memungkinkan, nonton film misalnya. Sekadar mengajaknya mewarnai gambar, juga bisa menjadi stress reliever yang berarti. Saat ini di toko banyak ditawarkan adult colouring book kan? Nah, tawarkan padanya, siapa tahu dia justru menikmatinya.

Temani berolah raga ringan

Jika penderita kanker sudah cukup sehat, temani dia untuk berolah raga ringan, misalkan jalan – jalan mengitari kompleks perumahan. Olah raga akan membuat pasokan oksigen ke darah lebih banyak, alira darah lebih lancar, jantung lebih kuat dan tubuh secara otomatis menciptakan sel – sel anti kanker.

Olah raga di luar rumah juga menciptakan kondisi yang berbeda dibandingkan di dalam rumah. Melihat lingkungan luar, menghirup udara segar bahkan pemandangan baru akan memupuk harapan dan kegembiraan bagi pasien kanker. Temanilah jalan – jalan di udara terbuka.

Bersosialisasi

Mendapatkan serangan kanker bukanlah akhir dari segalanya. Jika kondisi tubuh lebih sehat, ajaklah untuk bersosialisasi. Berkumpul dengan teman – temannya atau bergabung dengan komunitas peng-hobi tertentu. Dengan bersosialisasi, maka harapan untuk terus sembuh akan makin besar. Lingkungan yang positif turut memicu munculnya harapan bahkan impian – impian yang sebelumnya -mungkin- terkubur. Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial.

Demikian beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu penderita kanker agar cepat sembuh dari penyakit kanker. Peran sangat penting di atas hanya bisa dilakukan jika keluarga terdekat memiliki tekad yang juga kuat untuk membantu menyembuhkan penderita kanker.

Leave a Reply