Berbagai Fakta Tentang Penyakit Kanker Tiroid

By | August 3, 2018
Share

Ternyata penyakit kanker tiroid lebih banyak menyerang kaum wanita dibandingkan kaum pria. Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya hal tersebut.

Kelenjar tiroid sendiri berperan menghasilkan hormon tiroid yang mana fungsi dari hormon ini untuk mengatur metabolisme tubuh seperti denyut jantung, dan sebagainya.

Tidak selalu hormon tiroid yang dihasilkan dalam jumlah yang konstan. Jika jumlah hormon tiroid sedikit dari jumlah normal, maka munculnya penyakit hipotiroid. Kebalikan dengan hal ini, kelenjar tiroid bisa menghasilkan hormon dalam jumlah berlebih, maka terjadilah hipertiroid.

Fakta yang mengejutkan adalah penyakit kanker tiroid banyak menyerang kalangan wanita di usia dewasa muda dibandingkan wanita usia tua. Bahkan wanita pada rentang usia 15 tahun – 29 tahun paling banyak menderita penyakit kanker tiroid.

Ada 4 tipe keganasan kanker tiroid yaitu moduler, folikuler, anaplastik dan papiler.

Kanker tiroid bukanlah jenis penyakit kanker yang dipengaruhi faktor keturunan. Kondisi ini berbeda dengan kanker serviks, dan kanker payudara.

Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit kanker tiroid.

Berbeda dengan jenis penyakit kanker lain seperti kanker paru – paru ataupun kanker kolon, penderita penyakit kanker tiroid tidak mengalami penurunan berat badan, kerontokan rambut dan detak jantung yang tidak stabil.

Untuk mewaspadai ada tidaknya kanker tiroid, Anda bisa mengecek keberadaan benjolan di sekitar leher ataupun di ketiak. Jika ada benjolan, apalagi jika Anda mengalami kesulitan menelan makanan,  segera periksa ke dokter.

Pemeriksaan kanker tiroid dilakukan melalui USG dan biopsi.

Meskipun sudah didiagnosa keberadaan kanker tiroid, belum tentu nantinya akan berkembang penyakit jenis penyakit kanker tiroid yang ganas.

Tingkat kelangsungan hidup penderita kanker tiroid mencapai 98 % dari seluruh penderita.

Kanker tiroid ini termasuk jenis penyakit kanker yang jarang dialami, berbeda dengan kanker serviks, kanker payudara ataupun kanker paru – paru.

Faktor resiko terjadinya kanker tiroid adalah adanya radiasi pada area kepala dan leher, dan diet yodium rendah.

Kanker tiroid bisa menyebar ke area lain tubuh. Kami pernah menangani pasien kanker tulang belakang yang timbul akibat penyebaran sel – sel kanker tiroidnya. Kelenjar tiroidnya sudah dioperasi.

Penyebaran sel – sel kanker adalah kondisi alamiah dikarenakan sel kanker ikut bergerak bersama aliran darah.

Demikian fakta – fakta singkat mengenai kanker tiroid.

 

 

Leave a Reply