Berbagai Faktor Yang Menyebabkan Timbulnya Kanker Usus

By | October 25, 2018
Share

Baru – baru ini, Indonesia kehilangan seorang artis senior yaitu ibu Titi Qadarsih. Almarhumah Ibu Titi meninggal dunia di RS Fatmawati pada 22 Oktober 2018 akibat penyakit kanker usus stadium IV.

Penyakit kanker usus ini biasanya menyerang manusia dengan usia lanjut atau di atas 40 tahun. Awalnya sel adenomatous polyps berkembang sebagai gumpalan jaringan tak normal yang tidak berbahaya. Lambat laut, sel kanker tersebut berkembang menjadi sel ganas, yang menyebar ke bagian lain tubuh. Perkembangan sel kanker usus ini tentu mengakibatkan usus tidak optimal menyerap sari makanan. Efek dari ketidakfungsian usus ini tentu sangat luas.

Kami beberapa kami menerima keluhan dan konsultasi pasien kanker usus dan menanyakan bagaimana cara terbaik pengobatan kanker usus tersebut. Dalam artikel ini, kami tidak membahas mengenai pengobatan kanker usus.

Di artikel ini, Anda bisa mengetahui berbagai faktor penyebab terjadinya kanker usus. Dengan mengetahui faktor – faktor tersebut, kita bisa mewaspadai dan menjaga diri dari serangan kanker usus. Perlu diketahui bahwa jumlah penderita kanker usus tidaklah sebanyak jenis penyakit kanker yang lain. Namun begitu, sebagaimana penyakit kanker, resiko kematian akibat kanker usus sangatlah tinggi jika kita tidak tahu cara yang tepat menanganinya.

Kebiasaan Makan Yang Sembarangan

Faktor utama kanker usus adalah pola makan kita yang sembarangan dan tidak sehat. Pola makan yang tidak sehat itu tidak memperhatikan kebutuhan tubuh, ritme tubuh, dan jenis makanan seperti apa yang terbaik dan pengolahan makanan.

Sebagai contoh misalkan, setelah lewat jam 9 malam dimana harusnya tubuh sudah istirahat, justru kita mengkonsumsi makanan berat. Setelah olah raga, bukannya kita mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan mudah dicerna, justru mengkonsumsi makanan hewani atau dari terigu yang susah dicerna.

Contoh yang lain adalah makan tidak teratur waktunya dan sembarangan, asal ketemu warung atau rumah makan di jalan. Konsumsi air dan makanan berserat yang kurang. Konsumsi makanan hewani berlebih. Dan banyak contoh lainnya, termasuk mengkonsumsi makanan cepat saji.

Kurang Bergerak Terlebih Olah Raga

Jaman sekarang, sarana transportasi mudah dijangkau, apalagi sudah ada ojek online. Konsekuensi dari berbagai kemudahan moda transportasi ini adalah aktifitas fisik yang kurang, terlebih jika kegiatan sehari – hari banyak di belakang meja ditambah kebiasaan ngemil makanan. Obesitas sudah menjadi fenomena umum di kota – kota.

Kanker usus dipicu oleh kebiasaan salah yaitu kurangnya aktifitas olah raga.

Gula Darah Berlebih

Kelebihan kadar gula darah atau diabetes menjadi faktor yang memicu timbulnya kanker usus. Periksa gula darah anda secara teratur dan jaga pola makan serta olah raga yang cukup.

Obesitas, kadar gula darah berlebih, dan pola hidup tidak sehat adalah rangkaian yang tidak bisa berdiri sendiri. Pendek kata, penyakit kanker usus disebabkan oleh gabungan antara pola makan tidak sehat dengan pola hidup yang sembarangan.

Baca juga artikel penting yang mungkin berguna untuk Anda : cara alami penyembuhan kanker lambung tanpa operasi.

 

Leave a Reply