Cegah Penuaan Dini Dan Sembuhkan Kanker Kulit

By | November 5, 2018
Share

Penuaan dini terjadi akibat sel – sel dalam tubuh tumbuh berkembang dengan usia lebih cepat dari ritme normal. Penuaan dini yang terjadi pada manusia mengakibatkan terlihat lebih tua dari usianya.

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari mempercepat proses penuaan kulit kita. Yuk, kita kenali apa saja.

Merokok

Apa hubungan antara merokok dengan kulit yang terlihat lebih keriput ? Perlu diketahui bahwa di dalam rokok ada banyak zat beracun yang mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit dan mengakibatkan peredaran darah terhambat. Akibatnya sel – sel yang membentuk kulit akan kekurangan nutrisi dan proses pembentukan sel – sel baru tidak berjalan dengan baik. Para perokok menghadapi resiko kulitnya lebih cepat berkeriput dan wajahnya terlihat kusam.

Pola makan yang buruk

Makanan dengan kondisi gizi yang buruk mengakibatkan peradangan kronis bagi tubuh. Makanan dengan gizi buruk ini akan merusak kolagen kulit. Contohnya adalah gorengan, makanan instan, makanan dengan kandungan gula tinggi, makanan berlemak dan pasta. Sayangnya, jenis makanan tersebut tersedia sangat banyak di sekitar kita, di pasar, mall, sekolah dan jalanan.

Makanan yang dianjurkan adalah jenis makanan dengan kandungan anti oksidan yang tinggi. Fungsinya adalah menormalkan lagi sel – sel tubuh yang rusak dan lelah setelah beraktifitas. Jenis makanan dengan kandungan antioksidan tinggi seperti sayuran berwarna hijau ( bayam, kangkung, brokoli), tomat, wortel, dan buah – buahan seperti anggur, blueberry, buah naga serta biji – bijian.

Selain mengakibatkan penuaan dini, pola makan yang buruk juga memicu timbulnya banyak jenis penyakit kanker seperti kanker lambung, kanker usus besar, kanker ginjal, kanker hati dan kanker prostat.

Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit kanker usus besar atau kanker kolon tanpa operasi.

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki dampak menurunkan jumlah vitamin A, B3 dan C di dalam tubuh. Ketiga jenis vitamin ini berperan sebagai antioksidan dengan efek regenerasi sel – sel baru. Aktifits sehari – hari, lingkungan yang tercemar dan paparan sinar UV matahari menstimulasi terjadinya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini yang menjadikan kulit terlihat kusam dan cepat tua.

Karenanya, hentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Paparan UV Matahari

Sinat UV matahari mengakibatkan kulit menjadi tidak elastis, berkeriput dan cepat menua. Paparan UV juga mengakibatkan timbulnya bintik – bintik kecoklatan di wajah, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya.  Pendek kata, paparan UV membuat kulit mengalami penuaan dini. Bahkan, akan muncul bintak – bintik hitam yang menimbulkan resiko terjadinya kanker kulit.

Cara mengatasi bahaya UV pada kulit adalah melindungi kulit menggunakan tabir surya. Cara ini efektif untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit kanker kulit.

Demikian beberapa hal singkat mengenai berbagai hal yang mengakibatkan timbulnya kanker kulit dan yang mempercepat penuaan dini.

 

Leave a Reply