Faktor Resiko Penyakit Kanker Hati

By | July 16, 2017
Share

Penyakit kanker hati termasuk jenis penyakit yang mematikan. Penyakit kanker ini menyerang bukan hanya kalangan usia lanjut, tetapi juga usia muda. Karenanya kita perlu mengetahui faktor resiko yang menyebabkan terjadinya kanker hati. Dengan mengetahui faktor resiko ini, kita bisa mengelola dan mencegah terjadinya kanker hati sedini mungkin.

Siapa saja yang beresiko mendapatkan serangan penyakit kanker hati ? Berikut kondisi yang menjadikan resiko terjadinya kanker hati.

Pecandu Alkohol

Ini peringatan bagi pecandu minuman keras bahwa kebiasaan mengkonsumi minuman keras akan merusak hati. Awalnya pecandu minuman keras akan terkena penyakit sirosis hati, kemudian beresiko berkembang menjadi kanker hati.

Penderita Penyakit Sirosis Hati

Penyakit sirosis hati ditandai dengan terbentuknya jaringan parut di hati. Penyakit sirosis hati berakibat pada gagal hati. Kebiasaan minuman keras dan infeksi virus hepatitis B serta virus hepatitis C adalah penyebab utama sirosis hati.

Penderita penyakit sirosis hati berpotensi untuk menjadi penderita kanker hati. Informasi lengkap mengenai cara penyembuhan penyakit sirosis hati bisa dibaca di artikel : Cara pengobatan penyakit sirosis hati tanpa operasi

Penderita Penyakit Hepatitis 

Penderita penyakit hepatitis akibat infeksi virus B hepatitis atau HBV dan terinfeksi virus C hepatitis atau HCV adalah kelompok paling besar untuk terkena resiko penyakit kanker hati. Infeksi HBV dan HCV ini umumnya menjadi pasien penyakit hepatitis kronis, penyakit sirosis hati dan kanker hati.

jika Anda membutuhkan informasi mengenai cara pengobatan penyakit hepatitis , silahkan baca tulisan berikut ini : Cara alami pengobatan penyakit hepatitis B tanpa efek negatif.

Obesitas

Kelebihan Berat Badan atau obesitas menjadi faktor resiko penyakit kanker hati. Jaringan hati akan terselimuti oleh lemak, dan memunculkan jaringan kerut atau penyakit sirosis. Jika kondisi ini terus berlanjut akan merusak sel – sel hati sehingga berkembang menjadi sel – sel abnormal atau sel kanker.

Jenis Kelamin

Berdasarkan statistik penderita kanker hati, ternyata kalangan pria jauh lebih banyak terkena kanker hati dibandingkan kaum wanita.

Penderita Penyakit Diabetes

Penderita penyakit gula darah atau diabetes termasuk menjadi salah satu yang beresiko terkena kanker hati. Kondisi kualitas darah yang berlebih gula menjadikan supkai oksigen dan nutrisi ke hati tidak optimal. Efeknya, hati akan bekerja tidak optimal, demikian halnya perkembangan sel – sel hati.

Sebenarnya bukan hanya hati yang terkena efek negatif penyakit gula darah, tetapi juga organ – organ tubuh yang lain, mulai dari syaraf hingga pencernaan.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai cara penyembuhan penyakit diabetes secara alami, silahkan baca : Cara alami pengobatan penyakit diabetes mellitus akut.

Penyakit Metabolik Genetik

Beberapa jenis penyakit yang bersifat turunan atau genetik memberi faktor resiko serangan kanker hati, seperti hemokromatosis yaitu jenis penyakit yang merangsang penyerapan zat besi berlebih dari makanan.

Kelebihan zat besi yang diserap akan menyebabkan kerja hati menjadi lebih berat. Efekya adalah munculnya penyakit sirosis hati bahkan kanker hati.

Leave a Reply