Gejala Dan Penyebab Kanker Payudara

By | March 5, 2015

Penyakit kanker payudara adalah penyakit kanker mematikan dengan jumlah kematian nomor 5 terbesar di dunia. Jumlah penderita kanker payudara menempati peringkat nomor 2 terbanyak di dunia.

Kanker payudara bukan hanya menyerang kaum hawa, tetapi juga kaum adam. Dari data statistik Depertemen Kesehatan RI dapat kita ketahui bahwa jumlah pasien kanker payudara meningkat dari tahun ke tahun. Satu dari delapan wanita diketahui mengidap penyakit kanker payudara. ( Baca : Cara penyembuhan penyakit payudara )

penyebab kanker payudara

Penyebab dan Gejala Penyakit kanker payudara

Gejala kanker payudara dapat diketahui dari :

  • Muncul benjolan pada payudara dan bila ditekan akan terasa sakit atau nyeri.
  • Benjolan akan makin besar, makin terasa nyeri dan terjadi perubahan pada kulit payudara atau puting susu. Puting masuk ke dalam.
  • Puting susu akan lepas atau mengalami kerusakan.
  • Payudara akan mengeluarkan cairan bahkan darah. Payudara mudah berdarah.
  • Muncul borok di payudara, bau yang tidak sedap

Gejala Kanker Payudara Stadium Lanjut

Ada edema luas di lebih dari 1/3 kulit payudara, selain itu juga terdapat nodul satelit. Ada edema lengang dan terdapat metastase jauh. Kulit terfiksasi pada dinding toraks, kelenjar getah bening aksila dengan diametes 2,5 cm melekat satu dengan yang lain ( Baca juga : Nutrisi herbal untuk penderita kanker payudara )

Penyebab Kanker Payudara

Berikut penyebab terjadinya penyakit kanker payudara menurut hasil penelitian pusat riset kanker di Inggris.

Riwayat penyakit kanker di keluarga

Jika ada keluarga kita yang pernah menderita penyakit kanker payudara, maka kita memiliki resiko dua kali lipat untuk mendapatkan serangan kanker payudara

Kebiasaan minum alkohol
Hati – hati dengan minuman ber-alkohol. Minuman yang mengandung alkohol akan meningkatkan resiko kanker 12 %.

Oral kontrasepsi
Pasangan muda atau yang ingin menunda memiliki keturunan perlu waspada dengan penggunaan oral kontrasepsi karena akan meningkatkan resiko kanker payudara 1/4 kali lipat

Kegemukan atau obesitas
Resiko mendapatkan serangan kanker payudara meningkat sebesar 30 % akibat kanker payudara

Penggunaan Terapi Hormon Pengganti
Penggunaan HRT atau terapi hormon pengganti meningkatkan resiko kanker payudara 66 %

Gaya hidup tidak sehat
Beberapa contoh gaya hidup tetap sehat adalah merokok, mengkonsumsi makanan berbahan pengawet, makanan yang mengandung MSG, jarang berolah raga, penggunaan narkoba, makanan berlemat, kurang asupan sayuran dan buah – buahan, akan meningkatkan resiko serangan penyakit, termasuk penyakit kanker payudara.

Faktor usia
Pertambahan usia akan meningkatkan resiko penyakit kanker payudara, terutama bagi wanita yang telah memasuki menopause

Persalinan
Ternyata dari hasil riset, wanita yang telah memiliki anak memiliki resiko terkena kanker payudara lebih rendah daripada yang belum memiliki anak.

Demikian mengenai gejala dan penyebab terjadinya kanker payudara. Jika Anda atau keluarga Anda mendapatkan penyakit kanker payudara, lakukan upaya pengobatan dengan memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan, serta mengubah pola hidup kearah yang lebih baik. Konsultasikan dengan ahli pengobatan dan pilihlah jenis pengobatan kanker payudara yang tidak memiliki efek samping negatif.

 

 

 

Leave a Reply