Jangan Anggap Remeh Kanker Tiroid

By | January 23, 2018
Share

American Cancer Society melansir data bahwa setiap tahun ditemukan 17 ribu kasus kanker baru penderita kanker tiroid di Amerika Serikta. Sejumlah 1,300 pasien kanker tiroid menemui ajal. Dengan pengobatan kanker yang tepat sebanyak 190 ribu penderita kanker tiroid berhasil diselamatkan.

Jumlah penderita kanker tiroid di atas terhitung lumayan besar. Kanker tiroid menempati peringkat 9 dari 10 jenis penyakit kanker yang ganas. Ada 0,5 hingga 10 orang menderita kanker tiroid per 100 ribu jiwa.

Data penderita kanker tiroid di Indonesia, menurut Yayasan Kanker Indonesia (YKI), jumlah penderita kanker ada sekitar 3 % dari jumlah populasi. Penderita kanker tiroid ini ada di bawah kanker nasofaring, untuk jenis kanker yang terjadi di leher dan kepala.

Baca juga : cara alami penyembuhan penyakit kanker tiroid tanpa operasi.

Kebanyakan gejala awal kanker tiroid tidak diketahui. Pasien merasakan sakit gondok, karena ada pembengkakan dan merasa baik saja dengan pengobatan penyakit gondok, karena menganggapnya seperti ini. Hanya saja, pengobatan yang dilakukan tidak membuahkan hasil penyembuhan.

Pemeriksaan ke dokter dan hasil diagnosa membuat terkejut dikarenakan yang terjadi pada kelenjar tiroidnya adalah penyakit kanker dan sudah pada stadium 3 atau 4.

Kasus seperti di atas, bukan hanya sekali atau dua kali saja terjadi dan pernah dikonsultasikan ke kami. Tidak jarang, tindakan medis yang kemudian dilakukan adalah melakukan operasi dengan mengangkat kelenjar tiroidnya. Kanker tiroid yang terjadi sudah sangat parah dan cenderung menyebar ke area lain.

Jadi, bisa dibayangkan betapa terkejutnya penderita kanker tiroid menerima kenyataan bahwa ia ternyata bukan sakit gondok, tetapi sakit kanker. Operasi pengangkatan kelenjar tiroid mengharuskannya mengkonsumsi hormon tiroid buatan seumur hidup. Sungguh kenyataan yang berat.

Tindakan operasi kerap dilakukan untuk mengambil jaringan kanker. Tindakan operasi ini otomatis menghilangkan kelenjar tiroid. Dengan diangkatnya kelenjar tiroid, otomatis pasien akan tergantung pada hormon tiroid buatan sepanjang hidupnya. Kondisi ini adalah resiko yang harus ditanggung seumur hidup.

Cara terbaik untuk menghindarkan diri dari tindakan operasi adalah dengan melakukan penyembuhan secara dini kanker tiroid ketika kita merasakan gejala – gejalanya. Cara termudah dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan.

 

 

Leave a Reply