Jenis – Jenis Tumor dan Kanker Telinga

By | November 23, 2017

Penyakit tumor dan kanker telinga dibedakan dari lokasi keberadaan tumor dan kanker tersebut. Apakah lokasi terjadinya tumor dan kanker telinga tersebut di bagian luar telinga, bagian tengah atau bagian dalam telinga.

Tulisan di bawah ini mengupas jenis – jenis tumor dan kanker telinga.

Tumor ganas di telinga bagian tengah, Tumor Glomus

  • Tumor ini terjadi pada bagian tengah yang sering menyerang kalangan wanita dibandingkan kaum pria pada usia di atas 40 tahun.
  • Tumor ini berkembang lambat, bersifat jinak, memiliki banyak pembuluh darah namun bisa berkembang ke area atau bagian organ lain tubuh seperti ke gendang telinga, tulang dan paru.
  • Gejala yang mudah dikenali dari tumor glomus adalah telinga berdenging bahkan tulis, keluar cairan dari telinga, nyeri, lumpuh pada otot wajah dan pusing bahkan vertigo.

Tumor di telinga bagian dalam, Neuroma Akustik

Tumor ini dikenal dengan nama tumor syaraf ke delapan, karena terjadi pada jaringan syaraf otak yang berada di dalam telinga. Pertumbuhan tumor syaraf Neuroma Akustik terhitung lambat dan termasuk tumor jinak.

  • Jika tumor ini terus tumbuh membesar, tumor ini akan mendesak batang otak dan otak kecil akibatnya otak semakin tertekan. Penderita tumor telinga bagian dalam ini akan merasa mual hingga muntah dan nyeri kepala.
  • Penurunan pendengaran hingga kemampuan mendengar hilang atau tulis.
  • Berkurangnya kemampuan mengunyah hingga menelan makanan karena gangguan melebar hingga ke syaraf 9 dan syaraf 10.
  • Berkurangnya kemampuan untuk mengecap makanan karena gangguan pada syaraf ke 7.

Kanker Karsinoma telinga tengah dan mastoid

Merupakan jenis kanker telinga primer yang paling umum, namun sangat jarang terjadi. Biasanya dialami pada usia 40 tahun hingga 60 tahun, terutama kalangan wanita.

Gejala umum penyakit kanker telinga jenis ini adalah telinga mengeluarkan cairan berbau bahkan berdarah, otot wajah melemah, telinga terasa nyeri, dan polip.

Kista pada sinus preaurikula

Kista adalah tumor yang berisi cairan, dalam hal ini, terbentuk akibat tersumbatnya sinus. Cairan yang tersumbat tersebut berkumpup di preaurikula yaitu area yang berada sebelum daun telinga. Penderita kanker telinga jenis ini akan merasakan adanya benjolan pada daun telinga, yang berwarna kemerahan, nyeri, terasa panas bahkan menimbulkan efek penurunan pendengaran.

Jika Anda menderita penyakit kanker, termasuk kanker telinga, Anda bisa membaca informasi mengenai cara penyembuhan kanker telinga pada tautan berikut ini : Cara alami pengobatan kanker telinga tanpa operasi.

 

 

 

 

Leave a Reply