Jenis Penyakit Kanker Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

By | March 3, 2018
Share

Jangan dikira pada usia anak – anak┬áterbebas dari penyakit kanker. Banyak jenis penyakit kanker yang bisa menyerang anak – anak seperti kanker mata, kanker darah, kanker kulit, kanker saluran pencernaan dan lainnya.

Kami pernah mendapatkan konsultasi dari orang tua yang mana anaknya yang masih kecil menderita kanker darah. Kasus lainnya, ada anak yang menderita kanker praleukimia atau MDS, bahkan ada yang kanker mata, ada juga yang anaknya terkena HIV-AIDS. Artinya, berbagai jenis penyakit kanker mengancam kesehatan anak – anak.

Sebagai orang tua tentu kita ingin agar anak – anak kita tumbuh sehat dan berkembang secara optimal. Hanya saja, selain banyak dari kita tidak mengetahui faktor – faktor yang mengakibatkan timbulnya penyakit kanker yang bisa kita hindari misalnya memilihkan jenis makanan yang sehat, ada faktor timbulnya kanker dikarenakan penularan, contohnya HIV-AIDS.

Yuk, kita kenali jenis penyakit kanker pada anak.

Kanker Mata

Balita dan anak – anak bisa terkena penyakit kanker mata. Yang perlu diwaspadai adalah gejala kanker mata ini tidaklah mencolok bahkan terkesan seperti penyakit mata biasa. Gejala yang muncul adalah mata merah dan berair.

Paparan radiasi UV, infeksi virus HIV-AIDS, dan faktor keturunan adalah beberapa penyebab timbulnya kanker mata pada balita dan anak.

Informasi tentang pengobatan kanker mata bisa dibaca pada : cara alami pengobatan penyakit kanker mata.

Kanker Darah

Kanker darah atau leukimia bisa menyerang usia balita dan anak – anak. Sebagai orang tua, tentu kita dihadapapkan pada kondisi yang dilematis saat menempuh pengobatan kanker darah melalui kemoterapi, misalnya.

Pasalnya, efek kemoterapi akan membuat kondisi pasien kanker darah akan drop. Bayangkan jika kemoterapi dilakukan ke balita dan anak – anak. Dilema ini pernah diutarakan beberapa orang tua yang anaknya terpaksa menempuh jalan kemoterapi dalam pengobatan kanker darahnya.

Sebagai orang tua, kita harus membiasakan anak – anak usia sejak dini sudah mendapakan asupan ASI yang cukup, setelah itu dibiasakan mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan dalam jumah mencukupi.

Hindarkan anak – anak kita dari makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, junk food / cepat saji, penyedap rasa dan mengkonsumsi makanan hewani dalam jumlah berlebih.

Informasi lengkap penyembuhan kanker darah atau leukimia bisa dibaca pada : Cara alami pengobatan penyakit kanker darah.

HIV – AIDS

Penyakit HIV – AIDS ini termasuk jenis penyakit yang mematikan. Bahkan, ada masa pada awal – awal kemuncultan penyakit HIV – AIDS dikatakan bahwa penyakit ini tidak bisa disembuhkan dan tidak ada obatnya.

Penyakit HIV – AIDS menyerang sistem kekebalan tubuh. Secara perlahan, kondisi pasien HIV – AIDS akan menurun daya tahannya dan makin lemah hingga pada kondisi dimana ketahanan jasmani tidak bisa menangkal pengaruh atau infeksi dari luar.

Balita dan anak – anak bisa terkena penyakit HIV – AIDS baik melalui faktor genetik dari orang tuanya atau penularan melalui transfusi darah.

Anda bisa membaca cara pengobatan HIV – AIDS pada tautan berikut : Cara alami penyembuhan penyakit HIV – AIDS.

Setelah mengetahui jenis – jenis penyakit kanker pada anak yang patut diwaspadai, lantas apa yang harus kita lakukan ? Jagalah kesehatan fisik dan mental anak kita melalui asupan yang tepat dan bergizi serta memberikan lingkungan yang sehat kepada anak.

Leave a Reply