Jenis Penyakit Kanker Yang Menghantui Ibu Hamil Dan Menyusui

By | September 19, 2018
Share

Kehamilan merupakan fase┬ásangat penting bagi seorang calon ibu. Tidak kalah penting dengan kehamilan adalah saat menyusui si bayi. Pada fase penting ini, menjadi syarat mutlak bagi seorang wanita dan seorang ibu untuk berada dalam kondisi fisik yang prima. Dengan kondisi fisik yang sehat – bugar dan prima, maka janin yang dikandung dan bayi yang disusui akan tumbuh berkembang secara sempurna.

Hanya sayangnya, tidak semua wanita dan ibu muda berada dalam kondisi ideal seperti di atas. Kondisi kelelahan, stress bahkan terkena penyakit menjadi bagian yang bisa saja terjadi. Salah satu jenis penyakit yang menakutkan adalah penyakit kanker.

Artikel ini mengulas secara singkat, jenis penyakit kanker yang bisa menghantui wanita hamil dan ibu yang menyusui.

Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim telah menjadi jenis penyakit kanker yang banyak diderita kaum wanita. Kemungkinan terbesar jika wanita menderita jenis penyakit kanker ini adalah pengangkatan janin ketika hamil.

Pengobatan kanker serviks pada ibu hamil dilakukan dengan mempertimbahkan usia kehamilan dan tingkat stadium kanker. Dokter bisa saja melakukan operasi ataupun kemoterapi. Apapun pilihan tindakan medis nantinya, tetap memiliki resiko pada janin.

Meskipun usia kehamilan sudah terlewati dan ibu dalam usia menyusui, tidak menutup kemungkinan serangan kanker serviks ini. Jadi berhati – hatilah.

Tindakan terbaik ketika memasuki usia kehamilan dan juga menyusui adalah menjaga pola makan dengan memperbanyak sayuran serta buah – buahan, istirahat cukup dan menjaga kondisi mental supaya tetap stabil, optimis, berfikir positif dan gembira.

Kanker Payudara

Penyembuhan kanker payudara yang biasa dilakukan di rumah sakit dengan cara operasi yaitu pengangkatan jaringan sel kanker hingga ke bagian jaringan payudara yang masih sehat. Dokter kemungkinan akan menganjurkan dilakukannya mastektomi, tanpa dilakukan tindakan radioterapi, terutama untuk calon ibu yang sedang mengandung. Radioterapi lebih baik dilakukan setelah melahirkan bayi.

Cara lain yang biasa dilakukan di rumah sakit untuk menyembuhkan kanker payudara pada ibu hami adalah melalui kemoterapi. Kemoterapi sebaiknya dilakukan setelah usia kehamilan memasuki trimester kedua atau trimester ketiga. Jika kemoterapi dilakukan pada trimester pertama, maka ada kemungkinan terjadinya keguguran pada janin.

Bagi ibu yang sedang menyusui, perlu diperhatikan bahwa selama menjalani kemoterapi, Anda dilarang untuk menyusui bayi.

 

Leave a Reply