Mengenal Kelenjar Tiroid Dan Penyakit Kelenjar Tiroid

By | August 8, 2017

Jika Anda belum mengenal kelenjar tiroid, Anda perlu tahu bahwa kelenjar ini merupakan kelenjar endoktrin terbesar yang kita miliki. Kelenjar ini ada di leher bagian depan, tepatnya di bawah laring.

Kelenjar tiroid mengeluarkan 2 jenis hormon yaitu hormon Tiroksin atau T4 dan hormon Triiodotironin atau T3. Kedua jenis hormon ini akan mengalir bersama darah dan merangsang sel untuk mengubah glukosa dalam jumlah lebih besar. Selain itu, hormon kelenjar tiroid juga berperan mengatur detak jantung, suhu tubuh dan tekanan darah.

Hormon dari kelenjar tiroid ini berhubungan dengan fungsi tiap sel dalam tubuh. Karenanya, kelenjar tiroid menentukan perkembangan dan pertumbuhan manusia terutama pada fase balita dan anak – anak,

Sayangnya, tidak semua orang mengalami kondisi yang normal dari kelenjar tiroidnya.

Kondisi tidak normal pertama adalah ketika kelenjar tiroid mengeluarkan hormon dengan jumlah sedikit dari ukuran normal. Kondisi ini dinamakan dengan hipotiroid. Gejala hipotiroid yang umum adalah berat badan bertambah, kulit lebih kering, mudah letih dan lesu seperti kekurangan tenaga dan badan terasa dingin, menggigil.

Informasi lengkap mengenai penyakit hipotiroid dan cara penyembuhannya bisa dibaca di : Cara alami penyembuhan penyakit hipotiroid tanpa efek samping.

Kondisi tidak normal kedua adalah kebalikan di atas yaitu ketika kelenjar tiroid mengeluarkan hormon lebih banyak dari ukuran normal. Kondisi ini dinamakan hipertiroid. Gejala yang diperlihatkan adalah berat badan menurun, mudah gelisah dan cemas, tubuh mudah berkeringat dan selalu bergerak tidak bisa diam.

Informasi lengkap mengenai penyakit hipertiroid dan cara penyembuhannya bisa dibaca di : Cara alami penyembuhan penyakit hipertiroid secara alami.

Kondisi tidak normal ketiga adalah saat sel – sel kelenjar tiroid berkembang tidak normal. Pada saat ini, mulai muncullah sel – sel tumor dan sel – sel kanker. Kami banyak menerima keluhan dari konsumen mengenai penyakit tumor dan kanker tiroid ini. Penyakit kanker tiroid termasuk jenis penyakit yang berbahaya. Tidak heran, jika keputusan medis yang diambil terhadap penderita kanker tiroid adalah melakukan tindakan operasi.

Banyak yang bimbang dengan keputusan operasi tiroid ini. Selain dikarenakan salah satu kelenjarnya diambil juga besarnya biaya operasi kelenjar tiroid.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai cara penyembuhan kanker tiroid secara alami tanpa operasi, silahkan baca : Cara alami penyembuhan penyakit kanker kelenjar tiroid.

Kondisi tidak normal keempat adalah ketika kelenjar tiroid kekurangan yodium sehingga mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini sering dinamakan dengan gondok atau struma. Selain faktor yodium, pembengkakan kelenjar tiroid diakibatkan juga oleh paparanan radiasi, faktor kehamilan, dan faktor obat – obatan.

Ada juga yang mengira bahwa gondok adalah tumor atau penyakit kanker. Padahal bukan. Gondok juga bukan disebabkan oleh penyakit hipotiroid, penyakit hipertiroid, dan bahkan terjadi pada kondisi produksi hormon normal.

Kondisi tidak normal kelima adalah ketika terjadi kelainan sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang berakibat pada kerusakan sistem imunitas tersebut. Efek lanjut dari ini adalah secara perlahan kelenjar tiroid mengalami kehancuran dan produksi hormon tiroid menurun. Jenis penyakit ini dinamakan penyakit hashimoto.

Apa gejala dari penyakit hashimoto ? Repotnya, pada tahap awal gejala dini hashimoto desease ini tidak bisa dikenali. Kita baru tahu bahwa seseorang terkena penyakit hashimoto pada tahap lanjut dengan gejala gangguan pada pencernaan, kesulitan tidur, detak jantung lebih cepat, mudah berkeringat, gangguan koordinadi tangan, dan emosi tidak stabil seperti mudah marah dan gelisah.

Kondisi tidak normal keenam adalah ketika kelenjar tiroid kekurangan yodium dan secara bersamaan terserangan oleh sistem imunitas atau penyakit hashimoto maka akan muncul benjolan atau dinamakan nodul tiroid.

Nodul tiroid bersifat jinak, ada yang berupa benjolan padat atau juga berupa cairan. Ada kemungkinan bahwa nodul tiroid akan berkembang menjadi kanker, meskipun kecil kemungkinannya. Nodul tiroid juga memicu pembentukan hormon tiroid lebih banyak atau munculnya penyakit hipertiroid.

Gejala umum dari nodul tiroid adalah nyeri, kesulitan menelan makanan dan gangguan pernafasan.

Kondisi tidak normal ketujuh adalah ketika kelenjar tiroid memproduksi hormon dalam jumlah berlebih dan sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid maka muncul penyakit grave. Penderita penyakit grave biasanya mengalami masalah pada penglihatannya, gangguan pencernaan, kesulitan tidur dan detak jantung lebih cepat.

Demikian beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai kelenjar tiroid dan penyakit yang berhubungan dengan kelenjar tiroid. Ada banyak kondisi tidak normal yang bisa terjadi pada kelenjar tiroid.

 

 

Leave a Reply