Mengenal Kelenjar Tiroid dan Penyakit Kelenjar Tiroid

By | July 24, 2017
Share

Kelenjar tiroid berada di bagian depan leher, tepatnya di bawah laring. Kelenjar tiroid ini berfungsi menghasilkan hormon tiroksin dan hormon triodotironin atau kita singkat dengan hormon tiroid. Kedua hormon memegang peran yang penting yaitu memicu sel – sel tubuh untuk mengubah lebih banyak glukosa dan mengatur metabolisme tubuh. Caranya adalah hormon yang dihasilkan mengalir bersama darah.

Jika dirincikan, berikut adalah peran yang dimainkan oleh kelenjer tiroid adalah mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, mengatur kekuatan otot, mengatur denyut jantung dan juga pernafasan, mengatur berat badan, mengatur siklus menstruasi, mengatur kerja syaraf pusat, dan berbagai bentuk metabolisme tubuh.

Dengan peran yang sangat vital seperti di atas, bisa dibayangkan gangguan yang terjadi pada tubuh jika kelenjar tiroid kita bermasalah, apakah itu karena kanker kelenjar tiroid, pembengkakan pada kelenjar tiroid atau kelenjar gondok, produksi hormon tiroid yang berlebih atau hipertiroid dan sebaliknya, produksi hormon berkurang atau penyakit hipotiroid.

Penyakit kelenjar tiroid di atas bukanlah penyakit yang bisa diremehkan. Banyak yang semula hanya menganggap pembengkakan saja dan berharap akan normal seperti sediakala, ternyata tidak tahunya adalah penyakit kanker tiroid atau tumor tiroid.

Kami pernah menghadapi langsung seorang pasien penyakit tiroid yang mengalami pembengkakan kelenjar tiroid, dan obat dengan kurang serius. Pembengkakan kelenjar tiroid itu makin hari makin mengganggu kerongkongannya. Pasien penyakit tiroid tersebut kesulitan bernafas dan juga akhirnya juga pendengarannya terganggu.

Pemeriksaan selanjutnya bahwa dia kemudian didiagnosa menderita tumor tiroid. Dikarenakan pengobatannya terlambat, dan dia takut menjalani operasi seperti yang disarankan dokter, pasien penyakit kelenjar tiroid tersebut akhirnya meninggal dunia.

Karenanya penting sekali kita mengenal jenis penyakit tiroid, penyebab dan gejala – gejala penyakit tiroid. Jangan abaikan informasi yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Jika Anda membutuhkan informasi cara penyembuhan penyakit tiroid, bisa telusuri salah satu informasi di bawah ini.

  1. Kanker tiroid. Lihat Cara alami penyembuhan penyakit kanker tiroid tanpa operasi dan tanpa kemoterapi juga tanpa radiasi.
  2. Hipertiroid. Lihat Cara penyembuhan penyakit hipertiroid secara alami menggunakan nutrisi bioaktif, tanpa efek samping negatif
  3. Hipotiroid. Lihat Cara alami penyembuhan penyakit hipotiroid tanpa efek samping negatif dan tanpa radiasi

Yang lebih penting dibandingkan pengobatan penyakit kelenjar tiroid di atas adalah pencegahan penyakit tiroid. Bisa dibayangkan, jika kita sakit tiroid, berapa banyak sumberdaya yang terbuang untuk itu, baik waktu, tenaga dan biaya. Apalagi operasi penyambuhan penyakit tiroid tergolong mahal.

Pencegahan penyakit tiroid bisa dengan mudah kita lakukan dengan cara menjaga pola makan yang berimbang sehingga kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Pola makan yang berimbang adalah pola makan yang memenuhi semua jenis kebutuhan tubuh dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, gula, kalsium dan lainnya.

Kita juga perlu berolah raga secara teratur agar sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar mengalir ke semua organ tubuh.

Demikian informasi ringkas mengenai kelenjar tiroid, penyakit kelenjar tiroid dan cara penyembuhan penyakit kelenjar tiroid.

Leave a Reply