Penyebab Dan Gejala Kanker Pita Suara Yang Mematikan

By | August 12, 2017

Penyakit kanker pita suara terjadi saat sel – sel di bagian laring dan juga tenggorokan berkembang tidak normal menjadi sel tumor bahkan kanker. Ada juga yang menyebut kanker pita suara ini dengan kanker tenggorokan karena tumbuhnya sel kanker biasanya bukan hanya di bagian laring saja, tetapi juga menyebar ke tenggorokan.

Penyebab Kanker Pita Suara

Apa saja penyebab timbulnya kanker pita suara ? Berikut adalah rinciannya.

Merokok
Bisa dipastikan bahwa merokok menjadi penyebab utama banyak jenis penyakit kanker, terutama yang berhubungan dengan sistem pernafasan, mulai dari kanker hidung, kanker tenggorokan, kanker paru – paru dan kanker pita suara.

Senafas dengan rokok, masuknya zat – zat asing melalui hidung juga menjadi sebab utama seperti pencemaran udara, material halus lain seperti asbes, cat, bahan kimia lain dan sebagainya.

Virus HPV dan Epstien Barr
Infeksi virus HPV atau human papillomavirus dan Epstien Barr termasuk pemicu terjadi kanker pita suara

Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol menjadi faktor pemicu banyak jenis penyakit kanker, termasuk kanker pita suara. Selain merusakan syaraf, minuman beralkohol juga akan merusak fungsi hati, jantung, meningkatkan tekanan darah dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan Yang Tidak Sehat
Jenis makanan yang tidak sehat dan bisa memicu timbulnya kanker pita suara adalah makanan cepat saji, makanan dengan bahan pengawet, makanan yang dibakar, makanan yang diawetkan dan makanan dengan pemanis buatan. Akibat makanan yang tidak sehat maka sistem kekebalan tubuh akan lemah sehingga sel – sel kanker dapat berkembang lebih cepat.

Makanan terbaik untuk tubuh dalam menangkal penyakit kanker adalah makanan yang bersifat basa seperti buah – buahan dan sayuran.

Kekurangan Nutrisi
Kekurangan nutrisi bisa diakibatkan oleh kondisi ketidakmampuan untuk mengakses bahan makanan dan minuman, namun juga oleh diet ketat untuk menurunkan berat badan. Perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mencegah serangan kanker pita suara adalah mencukupi tubuh dengan nutrisi yang cukup.

Beberapa artikel yang berhubungan dengan saluran pernafasan yang penting juga dibaca :

Cara alami pengobatan kanker tenggorokan atau throat cancer
Cara penyembuhan kanker nasopharing tanpa operasi
Cara alami penyembuhan kanker pita suara

Gejala – Gejala Kanker Pita Suara

Setelah kita mengetahui berbagai penyebab terjadinya kanker pita suara, sekarang kita mencoba mengetahui gejala – gejala kanker pita suara.

Suara menjadi serak bahkan menghilang
Kadang ketika kita kena flu suara menjadi serak. Namun, suara serak yang berkepanjangan, bahkan saat tidak menderita penyakit flu, patut dicurigai adanya masalah di tenggorokan kita. Suara serak itu terjadi lebih dari sebulan tanpa adanya tanda – tanda untuk sembuh meskipun kita sudah mengkonsumsi obat flu.

Bukan hanya suara serak saja yang terjadi, bahkan suara-pun menghilang. Jika kondisi ini terjadi, cepatlah periksakan diri ke dokter THT. Pastikan penyakit apa yang sedang kita derita.

Kesulitan menelan makanan bahkan terasa sakit
Kesulitan menelan makanan adalah konsekuensi dari kanker pita suara. Penderita kanker pita suara akan merasakan seolah ada ganjalan di kerongkongannya sebagai akibat dari pembengkakan pita suara akibat dari berkembangnya jaringan tumor atau jaringan kanker.

Kesulitan untuk bernafas
Dampak selanjutnya adalah kesulitan bernafas dikarenakan saluran tenggorokan ada yang menyumbat dan sel – selnya bermasalah.

Batuk terus – menerus hingga keluar dahak berdarah
Batuk terus menerus tanpa ada tanda – tanda hilang meskipun sudah diberika pengobatan batuk. Bahkan batuk tersebut disertai juga dengan keluarnya darah.

Muncul benjolan di leher
Perkembangan jaringan tumor ataupun kanker memunculkan benjolan di leher di pita suara dan tenggorokan. Jangan salah mengira jika benjolan ini adalah penyakit gondok ataupun kanker tiroid. Benjolan tidak akan hilang meskipun kita telah mencoba upaya menyembuhkannya dengan memperbanyak konsumsi iodium.

Berat badan menurun
Sebagaian besar penderita penyakit kanker akan mengalami penurunan berat badan. Gejala ini adalah gejala umum dikarenakan permasalahan pada saluran pencernaan dan tidak optimalnya penyerapan sari makanan menjadi sel – sel tubuh karena perkembangan sel – sel kanker.

Demikian informasi singkat mengenai penyebab dan gejala penyakit kanker pita suara. Lakukan langkah – langkah pengobatan kanker pita suara secara tepat tanpa efek samping.

Leave a Reply