Penyebab Dan Gejala Penyakit Kanker Telinga

By | November 21, 2017

Kenali faktor – faktor penyebab dan gejala penyakit kanker telinga.

Penyakit kanker telinga tidak termasuk jenis penyakit kanker yang populer. Jumlah penderita kanker telinga tidaklah banyak. Kanker telinga ini bisa terjadi di telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam.

Sebagian besar, kasus tumor atau kanker telinga terjadi di daun telinga sebanyak 85 %,  10 % terjadi di saluran telinga luar dan 5 % terjadi di telinga bagian tengah.

Penyebab umum penyakit kanker telinga adalah paparan radiasi Ultra Violet ( UV )  dari matahari. UV adalah bagian dari cahaya matahari yang paling panas, namun tidak terlihat oleh mata. Secara perlahan, UV memberikan pengaruh negatif pada sel – sel tubuh, terutama sel – sel kulit dan mata atau bagian tubuh lain yang terkena UV secara langsung.

Infeksi pada telinga juga berkontribusi menjadi penyebab penyakit kanker telinga.

Gejala – gejala penyakit kanker telinga secara umum adalah munculnya benjolan baik di dalam, di bagian tengah maupun di luar telinga, kepala terasa sakit, nyeri, dan berkurangnya pendengaran.

Berikut gejala – gejala kanker telinga yang perlu kita ketahui.

Munculnya kista dermoid
Kista dermoid  adalah benjolan yang berisi cairan yang terjadi karena adanya sumbatan pada saluran keringat di atas belakang daun telinga.

Munculnya kista kelenjar keringat
Kista juga terjadi akibat sumbatan kelenjar keringat di daun telinga. Harus dilakukan pembedahan total untuk menghilangkan kista ini.

Munculnya kista sinus preaurikula
Terjadi sumbatan pada sinus dan berkembang menjadi kista yaitu benjolan yang berisi cairan yang terbentuk pada preaurikula. Gejala yang bisa dirasakan adalah timbulnya rasa nyeri, terasa panas dan warna kemerahan pada daun telinga. Efek lainnya, pendengaran menurun. Harus dilakukan tindakan operasi untuk menghilangkan kista sinus preaurikula.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai cara pengobatan kanker telinga, silahkan klik pada tautan berikut ini : cara alami pengobatan kanker telinga tanpa operasi.

 

Leave a Reply