Penyebab Penyakit Kanker Pankreas

By | November 5, 2015

Penyakit kanker pankreas terjadi akibat perubahan sel – sel normal di dalam pankreas menjadi sel abnormal atau sel kanker. Kanker pankreas termasuk jenis kanker yang ganas. Beberapa tokoh kondang yang meninggal akibat kanker ini adalah Steve Jobs ( pendiri Apple ) dan Patrick Swaze. Fakta medis menunjukkan, jumlah penderita kanker pankreas meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk memahami penyebab terjadinya kanker pankreas, kita perlu mengetahui fungsi pankreas bagi tubuh.

Pankreas berada di belakang bagian bawah lambung. Pankreas ini menghasilkan sel eksokrin. Sel eksokrin ini berfungsi menghasilkan cairan pencernaan. Selain itu juga menghasilkan hormon insulin dan glukogen. Kedua hormon ini berperan mengatur tingkat gula darah dalam tubuh.

Sel – sel kankres pankreas terjadi akibat sel – sel normal pankreas berubah menjadi sel abnormal dan berkembang manjadi jaringan kanker pada pankreas. Sayangnya gejala awal kanker pankreas sulit dideteksi. Penderita kanker pankreas baru sadar bahwa dirinya terkena penyakit kanker ketika sel – sel kanker sudah berkembang ke stadium lanjut.

Penderita kanker pankreas biasanya mengalami penurunan berat badan, rasa sakit pada bagian tengah perut, mata dan kulit menjadi kuning atau lebih dikenal dengan penyakit kuning, dan gangguan pencernaan.

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita kanker pankreas atau tidak, dilakukan scan CT dan scan MRI. Untuk mendapatkan diagnosa yang lebih teliti dilakukan endoscopic retrograde cholangio pancreatography ( ERCP ) dan  endoscopic ultrasound ( EUS ).

Beberapa penyebab terjadinya kanker pankreas adalah 

Kadar gula darah tinggi mengakibatkan darah tidak optimal melakukan fungsinya. Penderita diabetes mellitus memiliki resiko tinggi terkena pula kanker pankreas.

Merokok dan minuman keras adalah kebiasaan hidup tidak sehat yang mengundang resiko tinggi munculnya kanker pankreas.

Peradangan atau infeksi pankreas atau pancreatitis yang terjadi dalam waktu cukup lama akan memicu terbentuknya sel – sel kanker pankreas.

Faktor genetik dimana ayah atau ibu kita salah satunya menderita kanker pankreas memungkinkan keturunannya juga akan terkena kanker pankreas.

Dari berbagai faktor di atas, faktor terbesar munculnya penyakit kanker pankreas adalah gaya hidup yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah lebih, merokok, mengkonsumsi minuman keras, kurang asupan sayuran dan buah – buahan, mengkonsumsi makanan yang dibakar seperti sate,  juga mengkonsumsi junkfood dan makanan berbahan pengawet.

Untuk mencegah dan mengobati kanker pankreas, kita bisa mengubah gaya hidup kita ke arah yang lebih sehat. Informasi lebih lengkap silahkan baca Cara mengobati penyakit kanker pankreas

 

 

Leave a Reply