Penyebab Penyakit Vitiligo

By | April 29, 2015

Penyebab Penyakit Vitiligo — Penyakit vitiligo terjadi akibat sel – sel kulit sudah tidak bisa memproduksi melanin atau pigmen yang menentukan warna kulit, mata dan rambut. Selain berfungsi memberi warna pada kulit, melanin tersebut berfungsi melindungi kulit dari paparan radiasi matahari. Melanin ini diproduksi di bawah lapisan kulit terluar yaitu epidermis.

obat alami penyakit vitiligo

Penderita penyakit vitiligo

Ketidakmampuan sel – sel kulit memproduksi melanin akibat rusaknya sel – sel tersebut atau sel melanosit. Ada banyak faktor yang mengakibatkan sel melanosit tersebut rusak, seperti kondisi autoimun sebagai contoh tiroid autoimun. Namun, sebagian besar penyebab vitiligo belum diketahui.

Ada beberapa jenis penyakit vitiligo yaitu vitiligo jenis focal yang hanya muncul pada bagian kulit tertentu saja.

Vitiligo jenis segmental yang terjadi pada salah satu bagian kulit, berkembang lebih kurang selama 2 tahun, kemudian berhenti. Vitiligo jenis segmental ini banyak diderita oleh kalangan muda.

Vitiligo jenis generalized adalah jenis vitiligo yang menyebar ke seluruh bagian kulit. Penyakit vitiligo jenis ini paling umum ditemui.

Penyakit vitiligo biasanya terjadi pada usia 10 tahun – 30 tahun dan menyerang daerah tertentu seperti daerah lipatan tubuh contoh ketiak, yang terkena paparan matahari secara langsung, sekitar daerah tahi lalat, dan daerah yang sebelumnya luka. Juga, rambut dan mata.

Riwayat keluarga yang juga memiliki penyakit vitiligo bisa menjadi faktor munculnya vitiligo. Keluarga di sini maksudnya orang tua. Dari data statistik, diketahui 1 dari 5 penderita penyakit vitiligo ternyata ada orang tuanya yang juga menderita penyakit ini.

Faktor emosinal juga mempengaruhi munculnya penyakit vitiligo. Tekanan mental yang berat mengakibatkan munculnya stress yang berdampak pada pelemahan sistem imunitas. Salah satu dampaknya ke kulit.

Jika Anda terkena penyakit vitiligo anda bisa menggunakan nutrisi bioaktif seperti Jus Tahitian Noni yang berfungsi memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak, termasuk sel melanosit penghasil pigmen.

Informasi lengkap pengobatan alami penyakit vitiligo silahkan baca : Cara alami penyembuhan penyakit vitiligo atau penyakit kekurangan zat kulit.

Leave a Reply