Penyebab Terjadinya Kanker Tulang, Kanker Getah Bening Dan Kanker Sumsum Tulang

By | February 10, 2017
Share

Penyakit kanker tulang, kanker getah bening dan kanker sumsum tulang belakang membutuhkan penanganan yang telaten dan hati – hati. Seperti kita ketahui bahwa tulang berfungsi amat vital bagi tubuh, selain menopang tubuh, tulang juga melindungi organ – organ vital tubuh seperti jantung, paru – paru, ginjal dan sebagainya. Kanker tulang memberi dampak buruk pada kekuatan tulang.

Penderita kanker tulang akan merasakan nyeri pada tulang yang terkena kanker, pembengkakan di sekitar tulang yang terkena dan tulang menjadi rapuh. Biasanya kanker tulang menyerang pada tulang lengan dan kaki.

Penyebab Kanker Tulang

Penyebab kanker tulang tidak diketahui secara pasti. Sel kanker tulang terbentuk akibat sel – sel normal di tulang berkembang manjadi tidak norma. Ada beberapa faktor yang memberikan resiko perubahan sel – sel tulang menjadi abnormal.

  1. Penderita kanker tulang diketahui bahwa sejak lahir mereka sudah menderita penyakit hernia umbilikus atau dikenal dengan udel bodong ( pusar yang menonjol) .
  2. Penderita penyakit yang berkaitan dengan pelemahan tulang atau penyakit paget.
  3. Pernah menderita penyakit kanker mata. Dari data penderita kanker tulang diketahui bahwa sebagian mereka memiliki riwayat menderita kanker mata atau retinoblastoma.
  4. Efek ┬ádari radioterapi. Pengobatan melalui radio terapi atau penyinaran bisa memberikan dampak pada perubahan sel – sel tulang menjadi sel abnormal atau sel – sel kanker.
  5. Kelainan genetik seperti sindroma Li-Fraumeni.

Untuk mengetahui secara pasti apakah kita terserang penyakit kanker tulang atau tidak, dilakukan dengan cara pemindaian tulang melalui sinar X, biopsi dengan mengambil sampel tulang untuk diteliti, dan CT Scan.

Baca juga : Cara penyembuhan sakit ruas tulang punggung tanpa operasi.

Penyebab Kanker Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening sebagian besar disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Efek lebih lanjut muncul rasa nyeri, demam, nyeri tenggorokan dan batuk. Penyebab lainnya adalah efek dari serangan penyakit HIV, lupus, TBC, sifilis, rubella dan kanker.

Penyakit kanker yang terjadi di bagian tubuh lain, seperti kanker paru – paru, kanker tiroid, kanker tulang, kanker usus dan sebagainya bisa menyerang dan menyebar ke kelenjar getah bening. Infeksi sel kanker tersebut bisa berkembang di kelenjar getah bening dan menjadi sel – sel kanker getah bening.

Jenis penyakit kanker yang umum menyerang kelenjar getah bening adalah kanker limfoma non-hodgkin yaitu kanker yang tumbuh di sistem pembuluh pembawa cairan bening dan kanker leukimia limfositik yaitu kanker yang menyerang sel darah putih yang terdapat di sumsum tulang.

Penyebab Kanker Sumsum Tulang Belakang

Kanker sumsum tulang belakang terjadi ketika sel – sel pada sumsum tulang belakang berkembang menjadi sel – sel abnormal. Penderita jenis penyakit kanker ini dapat mengalami kelumpuhan. Awalnya kanker sumsum tulang disebabkan dengan peradangan atau penyebaran sel kanker dari bagian lain tubuh.

Gejala awal yang dimunculkan adalah rasa sakit dari leher hingga pinggang, badan terasa lemas dan lelah, berkurangnya kepekaan pada tubuhnya, dan yang terparah adalah kelumpuhan.

Penderita kanker sumsum tulang belakang mengalami gangguan pada jaringan syaraf pada otak hingga tulang belakang.

Leave a Reply