Tanda – Tanda Penyakit Kanker Pankreas

By | May 25, 2016

Apa saja tanda – tanda penyakit kanker pankreas ? Kenali tanda – tanda kanker pankreas sehingga kita bisa terhindar dari jenis penyakit kanker yang mematikan ini. Penyakit organ tubuh yang berukuran sekira 15 cm ini mudah menyerang pria atau wanita di usia lanjut.

Dengan mengenali tanda – tanda penyakit kanker pankreas secara dini, maka kita bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah penyebaran dan perkembangbiakan sel – sel kanker pankreas ke area yang lebih luas.

tanda - tanda penyakit kanker pankreas

Perlu diketahui bahwa pankreas memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pencernaan. Pankreas ini berfungsi memecah gula menjadi energi sehingga tidak terus – menerus diangkut oleh darah. Jika pankreas mengalami kerusakan, bisa dibayangkan akan adanya limpahan gula dalam darah. Kerusakan pankreas menjadi tanda terjadinya penyakit diabetes.

Kerusakan pankreas berbeda dengan kanker pankreas. Kerusakan pankreas bisa terjadi akibat pertumbuhan sel – sel kanker pankreas. Ada 2 kelenjar di pankreas yang akan terserang sel – sel kanker. ketika dua kelenjar ini terkena kanker, maka tanda – tanda penyakit kanker pankreas akan terlihat.

Kelenjar pertama adalah kelenjar ensokrin yaitu kelenjar yang memproduksi enzim pencernaan. Dan kelenjar kedua yaitu kelenjar endokrin yaitu kelenjar yang memproduksi hormon. Nah, ketika kelenjar eksokrin terkena penyakit kanker maka penderita kanker pankreas akan mengalami penurunan berat badan, nyeri dibagian perut dan punggung dan terkena penyakit kuning. Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit kanker pankreas tanpa operasi.

Berikut adalah tanda – tanda penyakit kanker pankreas :

  • Demam
  • Kehilangan nafsu makan yang berakibat pada penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena sel – sel kanker  mereduksi nutrisi.
  • Mual dan muntah serta gangguan sistem pencernaan yang berakibat pada perubahan pola buang air besar. Kerusakan saluran pencernaan biasanya terjadi di usus dua belas jari.
  • Demam dan menggigil
  • Gatal yang diakibatkan oleh akumulasi asam empedu dalam kulit.
  • Gula darah naik atau terkena penyakit diabetes
  • Bagian mata yang putih dan kulit berubah warna menjadi kuning disebabkan oleh akumulasi bilirubin pada sel darah. Bilirubin merupakan produk pecahan dari sel darah yang letih.
  • Urine berubah warna menjadi coklat kegelapan.
  • Tinja berubah warna menjadi pucar akibat, tidak normal kecoklatan. Hal ini terjadi akibat terjadinya kekeringan saluran dari hati ke usus.

Demikian tanda – tanda penyakit kanker pankreas. Semoga dengan mengenali tanda-tanda ini, kita bisa melakukan upaya penyembuhan lenyakit kanker pankreas secara dini. Jika terlambat, saat sel – sel kanker sudah berkembang secara luas, maka penyembuhan penyakit kanker pankreas lebih lama.

 

Leave a Reply