Tips Menjaga Kesehatan Otak

By | May 27, 2015

Menjaga kesehatan otak mutlak dilakukan. Otak berperan mengontrol kesadaran kita, mengontrol pergerakan tubuh dan menjalankan fungsi untuk berfikir, mengingat, mengolah berbagai informasi yang diperoleh dari indera tubuh, dan sebagai tempat berkumpulnya syaraf tubuh.

menjaga kesehatan otak

Penyakit kanker otak Akibat Otak tidak dijaga kesehatannya

Karena fungsi otak yang demikian penting itu, tidak heran jika otak mengkonsumsi oksigen paling besar yakni 20 % dan energi sebesar 17 % dari keseluruhan yang dikonsumsi tubuh. Jaringan pembuluh darah dalam otak-pun tidak main-main panjangnya, yakni sepanjang 160 ribu km atau lebih dari 4 kali keliling Bumi. Wow.…Bisa dibayangkan betapa hebatnya otak manusia.

Seperti apa cara menjaga kesehatan otak itu ? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Menjaga pola makan

Dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi yang kaya atas kandungan vitamin, mineral dan zat lain yang dibutuhkan otak, seperti sayuran, buah – buahan, ikan segar, dan rempah – rempah. Hindari makanan yang diawetkan, makanan berlemak, makanan yang dibakar, junk food, dan makanan dengan penyedap rasa.

2. Melatih kecerdasan otak

Dengan cara berpikir positif dan terus menerus belajar dengan membaca, menulis, menghafal ataupun meneliti.

3. Olah raga secara teratur

Olah raga teratur ternyata mampu menjaga kesehatan otak. Melalui olah raga, maka suplai oksigen ke otak akan lebih lancar. Selain itu, daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

4. Memperbanyak konsumsi air putih

Konsumsi air putih minimal 3 liter sehari. Konsumsi air putih setelah bangun tidur sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mensuplai oksigen dan cairan ke otak.

5. Hindari merokok dan minuman keras

Merokok dan minuman keras memberi dampak buruk pada kesehatan otak. Zat – zat beracun dari rokok, juga dari alkohol akan merasuk ke otak, selain itu darah tidak maksimal mengikat oksigen dan nutrisi makanan akibat rokok. Otak akan mengalami penurunan fungsinya.

Jika otak mendapatkan serangan penyakit, seperti kanker, Anda bisa membaca : Cara terapi kanker otak tanpa operasi.

Demikian, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak. Jaga otak anda untuk kualitas hidup lebih baik.

 

 

Leave a Reply