Tips Praktis Penyembuhan Penyakit Kanker

By | August 29, 2016

Penyembuhan penyakit kanker membutuhkan penanganan yang komprehensif. Bukan hanya menggantungkan dari obat dan terapi kanker saja, tetapi juga dukungan gaya hidup yang sehat.

Berikut adalah beberapa tips praktis penyembuhan penyakit kanker yang bisa kita lakukan.

Pola Makan

Let the food be thy medecine… demikian sebuah ungkapan yang tak dapat ditolak kebenarannya. Ya, dibanding obat, kita jauh lebih bisa mengkonsumsi banyak makanan. Maka, manfaatkan makanan sebagai jalan sembuh. Lebih-lebih untuk pejuang kanker. Mereka butuh banyak nutrisi untuk membangun kembali “kerusakan” yang telah ditimbulkan sel kanker. Pun, makanan dengan nutrisi yang baik dibutuhkan untuk menjaga tubuh dan memproteksi dari dampak buruk pengobatan (kemoterapi misalnya). Makan dengan benar juga mengkondisikan tubuh dalam pH balance sedikit ke arah basa, dimana dalam kondisi ini sel kanker tidak akan sejahtera hidupnya.

Pasien kanker perlu mendapat banyak antioksidan dari buah dan sayur segar. Ingat, SEGAR! Artinya tidak terlalu lama dari saat dipanen, dan… tidak melalui proses pemanasan. PENTING untuk mengkonsumsi buah di saat perut kosong, utamanya saat pagi hari. JANGAN jadikan buah sebagai makanan pencuci mulut yang dimakan pasca makan besar. JANGAN juga mengolah buah dengan tambahan gula, susu, yoghurt. Sedapat mungkin konsumsi buah secara EKSKLUSIF. Baca juga : Cara penyembuhan kanker tulang tanpa operasi.

Istirahat

Tubuh kita telah dirancang sedemikan rupa oleh Sang pencipta. Sejatinya, tubuh yang sehat adalah yang proporsional, kapan saatnya bergerak kapan saatnya diam (istirahat). Pastikan tubuh mendapatkan hak istirahatnya. Utamanya untuk pasien kanker, harus sudah tidur maksimal pukul sepuluh malam. Upayakan pula mencuri waktu sejenak untuk tidur siang, meski hanya setengah jam.

Manajemen stres

Tekanan yang dialami psikis kita, akan mempengaruhi kimiawi tubuh yang pada akhirnya berdampak buruk terhadap proses penyembuhan. Kanker memang bukan masalah main-main. Mungkin dalam prosesnya, pejuang kanker akan mengalami berkali-kali down. Mintalah bantuan psikiater atau psikolog. Baca juga : Cara terapi penyakit kanker prostat.

Aktifitas Fisik

Tentu yang dimaksud di sini bukan latihan-latihan ekstrim. Dalam kondisi masih lemah akibat pengobatan, yang dimaksud aktifitas fisik di sini mungkin baru sebatas melakukan peregangan-peregangan ringan. Seiring membaiknya kondisi tubuh, pejuang kanker seharusnya melakukan laitah teratur misalnya jalan kaki, yoga, berenang, dsb.

Mencegah Racun

Kanker juga berhubungan dengan paparan racun ke tubuh kita, maka sedapat mungkin minimalisirlah kemungkinan tersebut. Berhentilah menggunakan bahan kimia pembunuh dan pengusir nyamuk di rumah Anda. Jangan biarkan ada yang merokok di dalam rumah, hindarkan pejuang kanker dari paparan rokok. Gantilah kosmetik atau personal care seperti sabun, pasta gigi, deodoran, dll, dengan produk natural atau organik.

Pengobatan

Last but not least, pilih pengobatan terpercaya. Apapun terapi yang Anda upayakan, Anda harus tahu risiko-risiko nya di awal. Jangan sampai terlanjur melakukan tindakan tertentu tanpa Anda sadari dampaknya di masa mendatang. Pertimbangkanlah semua opsi dengan matang. Jika memungkinkan, pilih pengobatan dengan efek samping minimal dan efektivitas pengobatan yang tinggi. Baca juga : Cara alami pengobatan kanker lidah dan kanker mulut.

Keyakinan

Cancer fighter harus yakin, bahwa kesembuhan itu sangat memungkinkan terjadi. Selalu ada harapan dalam kondisi apapun, termasuk kanker. Keyakinan untuk sembuh terbukti akan sangat membantu suksesnya upaya penyembuhan. Kanker BISA sembuh!

Leave a Reply