Waspadai Ancaman Penyakit Syaraf Terjepit

By | September 24, 2014

Ancaman Penyakit Syaraf Terjepit — Betapa sakitnya jika kita menderita syaraf terjepit. Bergerak terasa sakit, duduk demikian pula. Bahkan berbaringpun sakit. Syaraf terjepit bisa terjadi pada pinggang, telapak tangan dan leher.

Pergerakan tubuh yang tiba – tiba bisa memicu syaraf terjepit. Penyebab yang lain adalah mengangkat beban terlalu berat, memutar leher saat terasa pegal atau benturan benda keras dan pengapuran tulang. Wanita yang hamil dan melahirkan juga berpotensi terkena syaraf terjepit.

pengobatan alami penyakit HNP

Penyakit syaraf terjepit

Syaraf terjepit akan menimbulkan rasa nyeri syaraf yang berdampak pada gangguan fungsi syaraf motorik yaitu berhubungan dengan pergerakan otot maupun gangguan sensorik yaitu berhubungan dengan indera peraba.

Penderita nyeri syaraf akan mengalami gejala kesemutan, kehilangan indera peraba dan kehilangan rasa sebagai dampak dari gangguan sensorik. Juga, terjadi pelemahan kekuatan otot dan kontraksi otot. Dampak yang ditimbulkan syaraf terjepit itu terjadi akibat adanya gangguan sinyal syaraf.

Baca juga artikel penting berikut ini :

Mendeteksi Syaraf  Terjepit

Cara yang tepat untuk memastikan apakah kita terkena syaraf terjepit atau tidak ketika ada bagian tubuh yang terasa nyeri adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Untuk mendapatkan hasil diagnosa yang akurat, tidak jarang dokter akan menggunakan sinar X, CT scan dan MRI scan.

Jika kita tidak memeriksakan ke dokter syaraf,  kita bisa memperkirakan keberadaan syaraf terjepit tersebut dengan melihat dampak rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Jika kita mendapatkan serangan syaraf terjepit pada bagian pinggang, maka rasa nyeri yang muncul menjalar mulai dari pantat, paha hingga betis. Namun, bila serangan syaraf terjepit terjadi pada leher dan punggung, maka rasa sakit akan muncul di bagian leher, kepala dan kedua tangan.

Jika syaraf terjepit terjadi pada pergelangan tangan maka fungsi jari – jari tangan akan terganggu. Kekuatan jari tangan untuk menggenggam-pun akan jauh berkurang. Syaraf terjepit bisa juga terjadi pada siku yang berdampak pada berkurangnya kemampuan jari dan lengan bawah.

Penyembuhan syaraf terjepit yang biasa dilakukan adalah melalui pengobatan medika atau pengobatan jenis lain, fisioterapi dan operasi. Tindakan operasi, melalui operasi bedah mikro,  baru dilakukan jika jepitan syaraf akan mengancam kerusakan syaraf

Jika Anda terkena serangan syaraf terjepit, pilihlah jenis pengobatan terbaik, dan tidak menimbulkan efek negatif.