Waspadai Gejala Awal Penyakit Kanker Paru-Paru

By | February 4, 2015

Penyakit kanker paru – paru termasuk jenis penyakit yang mematikan. Pengobatan penyakit kanker paru – paru membutuhkan perhatian yang lebih. Tidak jarang, pilihan kita dengan jenis pengobatan yang selama ini ada seperti kemoterapi dan radiasi menimbulkan efek negatif. Juga, pengobatan penyakit kanker paru – paru membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

obat alami kanker paru-paruPepatah bijak mengatakan, lebih baik mencegah dibandingkan mengobati adalah benar. Apa yang harus dilakukan jika kita ingin mencegah serangan penyakit kanker paru-paru.

Langkah pertama adalah mengenali gejala awal kanker paru – paru

Langkah kedua dengan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dengan memperbanyak asupan sayuran dan buah – buahan. Sebisa mungkin, konsumsi buah – buahan dalam kondisi perut kosong seperti setelah bangun tidur, 1 atau 2 jam sebelum makan.

Langkah ketiga hindari makanan yang mendorong perkembangan sel -sel kanker seperti makanan yang dibakar, yang berbahan pengawet, yang berlemak, alkohol, dan makanan dengan pemanis buatan.

Langkah keempat adalah hindari asap rokok dan berhenti merokok.

Apa saja gejala penyakit kanker paru – paru ?

Mudah Kehabisan nafas
Meskipun tidak melakukan aktifitas fisik yang menguras tenaga, nafas mudah terengah – engah.

Batuk yang tak kunjung sembuh
Mudah terserang batuk dan biasanya pada cuaca dingin. batuk yang menyerang terhitung lama hilangnya, bisa berminggu – minggu.

Nafas berbunyi saat tidur
Saat tidur nafas berbunyi dan terasa berat. Kondisi ini mengisyaratkan ada masalah dalam saluran pernafasan kita, termasuk paru – paru. Baca juga : Cara alami penyembuhan kanker pita suara

Bronchitis
Bronchitis dapat memicu munculnya kanker paru – paru. Jika kita terserang bronchitis, waspadai akan kemungkinan mengarah ke penyakit kanker.

Perubahan Suara
Suara berubah bisa diakibatkan oleh batuk dan flu. Namun, jika batuk dan flu sudah sembuh dan suara tetap berubah, kita perlu mewaspadai adanya penyebab lain. Kanker paru – paru dapat menyebabkan perubahan suara.

Rentan Sakit
Jika kita mudah sekali sakit dan sering timbul rasa sakit di bagian lengan, punggung, pundah dan dada, kita perlu mewaspadai adanya masalah pada paru – paru kita. Paru – paru yang berfungsi mensuplai oksigen ke seluruh tubuh akan berakibat luas jika bermasalah. Pasokan oksigen terhambat berakibat kondisi kesehatan kita jauh menurun.

Demikian gejala – gejala awal penyakit kanker paru – paru. Jika kita mengalami hal di atas, segera periksakan diri ke dokter dan lakukan pencegahan dengan mengubah pola makan dan pola hidup ke arah yang lebih sehat.

 

Leave a Reply