Waspadai Kanker Tulang, Kanker Sumsum Tulang Dan Kanker Getah Bening

By | June 21, 2016
Share

Artikel berikut ini membahas mengenai penyakit kanker tulang, kanker sumsum tulang belakang dan kanker getah bening. Kita perlu memahami ketiga jenis penyakit kanker tersebut supaya bisa melakukan upaya pencegahan dan pengobatannya.

Perubahan pola hidup manusia seiring perkembangan teknologi menjadikan semuanya menjadi serba instan, termasuk makanan. Teknologi memanjakan manusia dengan kata – kata ajaib yakni “otomatis dan robotik “, segalanya digerakan oleh mesin, cepat dan tidak perlu mengeluarkan keringat. Jenis makanan yang masuk ke-tubuh-pun serba instan. Kondisi seperti itu mendukung timbulnya penyakit kanker. Ingat, faktor terbesar munculnya kanker adalah makanan dan pola hidup tidak sehat.

Penyakit Kanker Tulang

Ada 2 jenis kanker tulang yaitu Kanker Tulang Primer dimana sel – sel kanker bersumber dari tulang itu sendiri dan Kanker Tulang Sekunder dimana sel – sel kanker bersumber dari sel – sel kanker organ tubuh lain, seperti kanker tiroid, kanker payudara, kanker otak, kanker usus dan lain – lainnya.

Penyakit Kanker Tulang

Penyakit Kanker Tulang

Ada 3 jenis kanker tulang yaitu kanker tulang Ewing Sarkoma bersumber dari tulang dan jaringan lunak, kanker tulang Osteosarcoma bersumber dari jaringan osteoid dalam tulang dan kanker tulang Chondrosarcoma bersumber dari jaringan tulang rawan.

Informasi lengkap mengenai cara penyembuhan penyakit kanker tulang silahkan baca : Cara alami penyembuhan penyakit kanker tulang belakang.

Gejala Kanker Tulang

  • Nyeri pada tulang, terutama tulang belakang, secara berkepanjangan. Nyeri pada tulang ini diikuti oleh pembengkakan di sekitar tulang. Dampak lainnya adalah keretakan bahkan terjadinya tulang yang patah.
  • Kepekaan tubuh menurun akibat terjadinya peradangan pada tulang.
  • Efek lanjut adalah terjadinya kelumpuhan akibat kerusakan dan terputusnya syaraf.
  • Berat badan menurun, sesak nafas dan kemampuan beraktifitas terganggu bahkan lumpuh.
  • Akibat kondisi tulang tidak sehat, berkurang kekuatannya, bisa mengubah postur tubuh misalnya bongkok karena tulang punggung tidak kuat lagi menahan tubuh.

Penyakit Kanker Sumsum Tulang Belakang

Penyakit kanker sumsum tulang belakang termasuk jenis penyakit kanker yang jarang ditemui. Kanker sumsum tulang belakang disebabkan oleh sel – sel kanker tulang menyebar ke sumsum tulang. Penyebab lainnya adalah kecelakaan yang merusakan tulang belakang, yang berdampak pada sumsum tulang.

Gejala kanker sumsum tulang belakang biasanya diawali dengan timbulnya rasa nyeri pada tulang leher dan tulang punggung. Rusaknya tulang belakang berdampak pula pada penurunan fungsi jaringan syaraf di sekitar tulang. Akibatnya, penderita kanker tulang belakang mengalami kesulitan koordinasi anggota tubuh dan menurunnya kepekaan atas respon lingkungan sekitar tubuh.

Informasi lengkap mengenai penyembuhan kanker sumsum tulang belakang termasuk testimoni penderita kanker yang berhasil sembuh, silahkan baca : Cara alami penyembuhan kanker sumsum tulang belakang

Penyakit Kanker Getah Bening

Getah bening yang dihasilkan kelenjat getah bening berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Lokasi kelenjar getah bening terletak di pangkal paha, bawah ketiak, leher dan dada. Sel kanker getah bening mengubah cairan getah bening yang berupa seperti susu menjadi sel abnormal.

Cairan getah bening yang normal semula bekerja cara cara menyuplai protein lemak dan limfosit ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah menjadi tidak bisa lagi. Berkurangnya pasokan getah bening tersebut mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Penderita kanker getah bening didominasi kalangan lanjut usia, teruma jenis kanker limfoma non hodgkins yang menyerang jaringan limfa dan limfonodus. Kanker ini lebih ganas dan perkembangan dari jenis kanker getah bening limfoma hodgkins.

Beberapa gejala kanker getah bening yang umum terjadi sebagai berikut :

  • Pembengkakan dan rasa nyeri di kelenjar getah bening seperti di leher, dada, bawah ketiak dan pangkal paha.
  • Nyeri dada, batuk terus – menerus, demam, hingga kesulitan bernafas.
  • Gangguan pada pencernaan yang berakibat menurunnya berat badan, kekurangan energi, badan terasa lemas, hingga terasa nyeri di bagian perut.
  • Demam yang berkepanjangan dan keluar keringat dingin

Untuk menyembuhkan penyakit kanker getah bening secara alami, silahkan baca : Cara alami penyembuhan kanker getah bening.

Demikian tulisan mengenai kanker tulang, kanker sumsum tulang dan kanker getah bening berikut gejala – gejalanya. Semoga kita bisa menjaga kesehatan kita sebaik mungkin. Cara terbaik menghindari penyakit kanker adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dangaya hidup yang menunjang kesehatan.

Leave a Reply