Yoga Dan Penyembuhan Kanker

By | April 26, 2016
Share

Adalah wajar jika penyakit kanker dipandang sebagai sebuah masalah yang sangat serius. Beratnya deraan sakit dan rasa tak nyaman, bahkan seringkali bukan hanya muncul dari gejala kanker itu sendiri, melainkan sebagai akibat atau efek dari pengobatan. Baik efek selama mengalami/melakukan pengobatan, maupun efek pasca pengobatan.

Manfaat yoga

Masektomi yang dijalani survivor kanker payudara, misalnya, kerap timbulkan kekakuan dan rasa tidak nyaman. Belum lagi dampak psikologisnya. Begitu pula treatment lainnya seperti kemoterapi dan radioterapi, semua menimbulkan sederet efek tak nyaman bagi tubuh survivor kanker. Baca juga : Cara penyembuhan penyakit kanker payudara

obat alami penyakit kanker payudara

Penyakit Kanker payudara

Dalam mengatasinya, yoga adalah salah satu alternatif yang dapat diambil. Yoga membantu menstimulasi otot, memperlancar aliran darah, menyeimbangkan kelenjar dan meningkatkan aliran limfatik dalam tubuh. Aliran darah yang baik akan membantu membawa nutrisi penting bagi tubuh serta penting untuk proses pembuangan racun-racun dalam tubuh.

Manfaat yoga yang lain adalah mengurangi efek pengobatan seperti kelelahan, rasa sakit, bengkak, kekakuan serta depresi. Selain itu, berlatih yoga bagi survivor kanker juga sangat membantu menurunkan kadar stress. Sebuah penelitian di Washington menunjukkan bahwa pasca yoga, hormon kortisol (hormon stres) mengalami penurunan. Baca juga : Cara alami penyembuhan kanker tiroid tanpa operasi

Tentu saja, yoga “hanya” salah satu komponen yang yang bisa diupayakan sebagai jalan penyembuhan. Pemilihan pengobatan yang tepat, didukung pola makan yang baik dan serta pola hidup keseluruhan yang baik, akan mendukung penyembuhan.

Leave a Reply