Kenali Berbagai Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Psoriasis ?

By | February 13, 2020
Share

Penyakit Psoriasis adalah jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan kulit, dan juga kuku. Penderita penyakit psoriasis akan merasakan kulitnya gatal, ruam memerah, luka, bersisik, mengelupas dan bernanah juga kukunya berubah warna. Gejala penyakit psoriasis tersebut berbeda – beda. Ada banyak jenis penyakit psoriasis dengan gejala yang berbeda. Bagian tubuh yang sering terkena psoriasis adalah punggung, kulit kelapa, siku dan lutut.

Penyakit psoriasis ini tidak menular dan bisa menyerang usia berapapun. Jika kita berkontak kulit secara langsung dengan penderita psoriasis, maka kita tidak akan tertular oleh penyakit ini.

Kenali faktor penyebab penyakit psoriasis

Kenali faktor penyebab penyakit psoriasis

Deteksi penyakit psoriasis dilakukan dengan observasi ruam kulit yang muncul, lokasi dan gejala – gejala yang dialami. Yang perlu diketahui bahwa penyakit psoriasis ini berbeda sekali dengan vitiligo, lupus bahkan kanker kulit.

Baca juga : Cara alami penyembuhan penyakit kanker kulit dengan nutris bioakif.

Penyebab Penyakit Psoriasis

Terlepas dari banyaknya jenis penyakit Psoriasis, sebenarnya apa sih penyebab penyakit psoriasis ini ?

1. Saat ini penyebab penyakit psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, secara umum, penyakit ini terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang melindungi kulit berkurang kemampuannya. Akibatnya, saat terjadi infeksi, sel – sel yang harusnya melawan infeksi justru menggandakan diri yang berakibat pada makin tebalnya kulit,

2. Dugaan lain penyebab timbulnya penyakit psoriasis adalah faktor genetik atau keturunan. Dugaan ini didasarkan dari data statistik dimana 30 persen penderita psoriasis memiliki orang tua yang mengidap penyakit ini juga.

3. Faktor lingkungan yang tercemar, baik udara, air ataupun bahan kimia, termasuk makanan yang tidak layak. Secara perlahan, sistem imunitas tubuh akan berkurang ketika asupan makanan yang masuk ke tubuh tidak memenuhi persyaratan sehat.

4. Faktor lain yang memicu timbulnya penyakit psoriasis adalah konsumsi minuman beralkohol, merokok, luka di kulit, efek dari obat – obatan, dan efek dari infeksi penyakit tenggorokan.

5. Faktor stress dan kecemasan berkontribusi timbulnya penyakit psoriasis. Kondisi mental yang tertekan akan mengganggu metabolisme tubuh, mulai dari sistem pencernan hingga reproduksi sel – sel tubuh yang membangun ketahanan tubuh.

6. Cuaca dingin bisa menjadi pemicu munculnya psoriasis.

Cara Pencegahan Penyakit Psoriasis

Pencegahan Penyakit Psoriasis bisa dilakukan dengan memperbaiki pola makan menjadi pola makan yang sehat. Perbanyak makan buah dari pagi hingga jam 10 siang. Perbanyak asupan sayuran, jika perlu sayuran mentah atau lalapan. Kurangi makanan hewani dan turunannya. Jika makan daging, jangan dicampur dengan karbohidrat seperti nasi. Perbanyak minum air putih hangat. Hindari penggunaan kosmetik yang berbahaya, termasuk pemutih kulit.

Diantara banyak cara pencegahan penyakit, perbaikan pola makan yang sehat adalah yang utama dikarenakan kesalahan pola makan memberikan dampak pada ketiadaan pembentukan sel – sel tubuh dan pembangun sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda telah menderita penyakit psoriasis, Anda bisa membaca artikel berikut untuk menemukan cara terbaik menyembuhkan penyakit yang menyerang kekebalan kulit ini. Informasi lengkap baca : Cara Alami penyembuhan Penyakit Psoriasis. Kontak WA ke nomor 085230918868.

 

Leave a Reply