Kenali Penyakit Kanker Yang Mengalami Peningkatan Jumlah Penderitanya

By | September 4, 2019
Share

Data statisik yang dirilis jurnal internasional kanker dan WHO memperkirakan penyakit kanker akan menjadi penyakit dengan jumlah penderita terbesar di dunia. Ada faktor yang menyebabkan ramalan itu terjadi yaitu faktor usia dan gaya hidup yang merusak kesehatan seperti pola makan yang salah.

Beberapa jenis kanker yang tetap menjadi ‘primadona’ di karenakan bertengger diurutan atas banyaknya penderita kanker adalah kanker paru – paru, kanker prostat, kanker payudara, kanker ginjal dan kanker hati.

cara pengobatan Kanker payudara

Kanker payudara termasuk jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbesar

Di luar jenis kanker di atas, ternyata data statistik pula menunjukkan beberapa jenis kanker yang mengalami peningkatan cukup signifikan jumlah penderitanya. Apa saja jenis kanker tersebut ? Berikut beberapa di antaranya :

Virus Human papillomavirus (HPV)

HPV menjadi pintu masuk berkembangnya banyak jenis penyakit kanker. HPV dikenal sebagai penyebab terjadinya kanker serviks. Sejauh ini diketahui ada 130 tipe virus HPV dengan jenis mutasi berbeda ada 40.

Ketika virus HPV masuk ke dalam tubuh, maka sel tubuh yang terinfeksi akan berkembang tidak normal dan terjadi terus – menerus untuk menjadi kanker dengan catatan bahwa sistem pertahanan tubuh tidak kuat. Jika sistem pertahanan tubuh kuat maka secara otomatis sel tubuh yang terinfeksi akan kembali normal.

Dampak dari virus HPV adalah kemungkinan munculnya berbagai jenis kanker seperti kanker penis, kanker vulva, kanker vagina, kanker anus, kanker leher, kanker otak, dan kanker pada bagian belakang tenggorokan seperti kanker pada dasar lidah dan amandel.

Ternyata begitu banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari infeksi virus HPV tersebut. Dan solusi terbaik untuk menangkal virus HPV adalah meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Bukti penyembuhan kanker payudara tanpa kemoterapi.

Kanker Pada Sistem Pencernaan

Jenis penyakit kanker lain yang sedang “naik daun’ adalah penyakit kanker yang berhubungan dengan pencernaan yaitu kanker lambung atau Adenokarsinoma gastroesofagus, kanker hati, kanker ginjal dan kanker pankreas.
Beberapa penyebab timbulnya penyakit kanker sistem pencernaan adalah pola makan yang buruk, mengkonsumsi makanan yang tidak tepat bahkan tercemar dan infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori . Jenis bakteri ini menimbulkan resiko terjadinya penyakit kanker perut.

Hal yang perlu diwaspadai berkaitan dengan kanker di saluran pencernaan adalah sulitnya diagnosa awal kanker ini dikarenakan gejala kanker yang dimunculkan menyerupai gejala penyakit perut seperti sakit asam lambung dan sakit gangguan usus.

Hal kedua yang harus diwaspadai juga adalah mudahnya penyebaran sel – sel kanker pada sistem pencernaan ke bagian lain tubuh jika tidak segera ditangani. Nah, repotnya seperti bagian di atas, gejala awal kanker di pencernaan ini sulit dideteksi. Karenanya, cara terbaik adalah melakukan upaya maksimal untuk mencegah terjadinya kanker. Bukankah begitu ?

Kanker Kulit

Kanker kulit menjadi salah satu jenis kanker yang mengalami lonjakan jumlah penderitanya. Faktor terbesar penyebab dari kanker kulit adalah penggunaan bahan kimia dalam kosmetik termasuk pemutih kulit. Faktor lainnya adalah lingkungan yang tercemar dan radiasi UV matahari.

Ada 3 jenis penyakit kulit yang umum yaitu kanker kulit karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel basal dan jenis melanoma. Jenis – jenis penyakit kanker kulit ini umum dijumpai pada bagian wajah, tangan, kaki, kepala dan leher.

Leave a Reply