Pentingnya Mengenal Gejala Penyakit Kanker Dan Faktor Psikologis Penderita Kanker

By | February 7, 2020
Share

Salah satu penyebab utama besarnya jumlah penderita kanker karena gejala penyakit kanker tidak dikenali oleh masyarakat awam. Separuh pasien penyakit kanker di dunia menimpa negara berkembang dan negara miskin dengan tingkat kesembuhan 40 %. Kondisi ini berbeda dengan negara barat yang mana tingkat kesembuhan penderita kanker mencapai 80 %.

Sangat wajar jika ketiadaan akses kesehatan dan nutrisi yang mencukupi menjadi faktor penting gagalnya perawatan penderita kanker. Faktor lain adalah pengetahui masyarakat mengenai jenis penyakit yang dideritanya juga sangat minim. Penyakit kanker sudah menjadi jenis penyakit mematikan dengan persepsi kematian yang menyertainya.

obat penyakit kanker telinga

Contoh penyakit kanker telinga yang terjadi di luar telinga

Bila kita melihat kondisi di Indonesia, pada saudara, teman atau tetangga kita sendiri, sepertinya tidak jauh berbeda dengan fakta di atas yaitu minimnya informasi yang dipahami masyarakat dengan benar atas penyakit kanker ini.

Yang lebih tragis adalah bukanlah minimnya informasi yang dipahami tetapi kesalahan fatal mengenai penyakit kanker dan cara pengobatan penyakit kanker tersebut. Penyembuhan penyakit kanker haruslah diletakkan pada kondisi penanganan ideal termasuk pola makan. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui ini sehingga memberikan jenis makanan yang justru menambah parah kondisi pasien, yaitu jenis makanan hewani, susu dan terigu.

Mengenal Gejala Dini Penyakit Kanker

Dengan mengenali sedini mungkin gejala penyakit kanker, maka pencegahan dan pengobatan kanker dapat dilakukan lebih awal. Pengetahuan gejala awal penyakit kanker adalah pengetahuan penting jika sedari awal kita mengharapkan terbebas dan selamat dari serangan penyakit kanker ini.

Dan seperti yang sudah ditulis di atas, ada jenis penyakit kanker yang sulit diketahui gejala awalnya dan pasien baru menyadari ketika stadium penyakit kanker sudah pada stadium lanjut.

Gejala awal kanker yang mudah dilihat secara fisik meliputi benjolan di payudara, sulit menelan,borok di mulut yang tak sembuh-sembuh,pendarahan yang berlangsung lama, perubahan frekuensi BAB,penurunan berat badan meski tidak sedang melakukan diet,batuk atau napas sesak,perubahan suara,perubahan gangguan pencernaan,dan pembesaran tahi lalat.

Namun, apapun gejala penyakit kanker stadium awal yang berhasil kita kenali, faktor terpenting adalah menjaga tubuh untuk selalu siaga terhadap serangan kanker dengan sebaik mungkin memberikan nutrisi bagi tubuh.

Mengenal Psikologi Pasien Kanker

Penyembuhan pasien kanker ternyata tidak hanya melibatkan faktor fisiologis saja. Hal yang kadang terlupakan adalah membantu pasien kanker dari sisi psikologis ternyata memberi sumbangan besar bagi perkembangan kesehatan pasien kanker.

Penderita penyakit kanker memiliki kecenderungan menghinggapi pada orang dengan Kepribadian Tipe C. Ciri dari tipe kepribadian ini adalah sering menahan atau menyangkal emosi terutama marah, terlalu merasionalkan segala sesuatunya dan ingin selalu tampil baik dan sempurna di mata orang. Dengan kondisi kepribadian seperti itu maka orang akan sering mengalami kelelahan mental.

Pada penderita kanker, kondisi psikologis yang dihadapi adalah depresi,kecemasan,kemarahan, dan tidak mempunyai harapan.

Ada beberapa pasien penyakit kanker yang berkonsultasi ke kami dalam kondisi yang panik. Mereka menceritakan kondisi kesehatannya, bahkan ketakutannya atas resiko kematian yang akan dihadapi. Tidak jarang, akhir dari penyakit kanker adalah kematian. Resiko kematian ini terjadi akibat penanganan penyakit kanker yang terlambat.

Kondisi psikologis tersebut harus ditangani seiring dengan proses penyembuhan penyakit kanker dengan pendekatan fisiologis.

Informasi mengenai cara penyembuhan penyakit kanker, silahkan kontak WA di 085230918868

Leave a Reply