Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Penyakit Trigeminal Neuralgia

Share

Kenali penyebab penyakit trigeminal neuralgia agar kita bisa terhindar dari penyakit syaraf ini. Bayangkan, ketika penyakit trigeminal kambuh, rasa sakit yang amat dirasakan di sekujur wajah.

penyebab penyakit Trigeminal neuralgia

Penderita penyakit trigeminal neuralgia yang pernah kami tangani ketika berkonsultasi menceritakan seperti apa rasa sakit akibat penyakit ini. Rasa sakit menjalar di rahang, gusi, pipi, dahi dan otak. Rasa sakit penderita penyakit trigeminal ini muncul akibat peradangan  pada titik syaraf yang berada di daerah tulang pipi dan berhubungan langsung dengan batang otak. Lebih lengkap baca : Cara alami penyembuhan penyakit trigeminal neuralgia.

Rasa nyeri di atas muncul bergelombang, timbul tenggelam dan seperti kejutan listrik, terasa nyeri hingga merasuk ke dalam wajah selam 20 detik dan menimbulkan sensasi wajah seperti terbakar.

Penderita trigeminal neuralgia akan menggerak – gerakan kepala, menyeringai, dan menghindari menyentuh wajah ketika serangan rasa nyeri muncul.  Dalam sehari, serangan trigeminal neuralgia bisa muncul satu kali hingga ratusan kali.

Dengan kondisi seperti di atas, tidak heran bila penderita trigeminal neuralgia akan sangat tersiksa.Bahkan menurut laporan dari detik.com yang melansir dr M Sofyanto, SpBS dari RS Bedah Suarabaya mengatakan banyak pasien trigeminal yang ingin bunuh diri dikarenakan rasa nyeri yang tidak tertahankan. (8/9/2012)

Jumlah Penderita Trigeminal Neuralgia

Sebagian besar penderita penyakit trigeminal neuralgia berusia di atas 50 tahun, meskipun ada juga yang berusia muda bahkan anak – anak. Penyakit ini terhitung jarang dialami dan tidak semua dokter mengetahuinya. Tidak aneh bila ada dokter yang mendiagnosanya sebagai sakit gigi.

Rasa sakit seperti tersengat listrik terjadi akibat syaraf kelima dari 12 jaringan syaraf yang berasal dari otak bersentuhan dengan pembuluh darah.

Dengan kondisi bahwa penyakit trigeminal neuralgia termasuk penyakit yang jarang terjadi dan sebagian dokter tidak mengetahuinya, maka berapa persis jumlah penderitanya tidak diketahui. Faktor trauma akibat benturan dan kecelakaan, penyusutan volume otak yang mengakibatkan menempelnya pembuluh darah dengan syaraf kelima, faktor usia yang mengakibatkan pembuluh darah tidak elastis dan mengeras, tumor dan efek pembedahan yang tidak memenuhi prosedur bahkan penyakit stroke menjadi pemicu munculnya penyakit trigeminal ini.

Apa saja penyebab penyakit trigeminal neuralgia ?

Sebesar 80 % – 90 % penyebab penyakit trigeminal neuralgia adalah terjadinya penekanan oleh pembuluh darah vena atau arteri terhadap syaraf trigeminus di dasar otak. Penyebab lainnya adalah kerusakan pada selubung syaraf sehingga fungsinya terganggu atau sering disebut sebagai penyakit sklerosis multipel, efek dari penyakit kista dan tumor otak.

Ada juga kasus pada penderita trigeminal neuralgia tidak ditemukan penyebab penyakitnya.

Nah, apa yang harus kita lakukan setelah mengetahui penyebab penyakit trigeminal neuralgia ? Cara terbaik menghindarinya adalah dengan menjaga pola makan sehat. Perbanyak buah – buahan dan sayuran dengan cara konsumsi yang tepat.

Leave a Reply