Tips Mudah Cara Mencegah Penyakit Asma

By | February 19, 2020
Share

Penyakit asma dapat menimpa semua kalangan, baik anak – anak hingga lanjut usia. Banyak faktor yang memicu timbulnya atau kambuhnya penyakit asma, seperti udara dingin. Hanya saja, hingga saat ini apa penyebab pasti dari penyakit asma tidak diketahui. Penyakit asma ini butuh perhatian yang serius.

Saya pernah memiliki teman, yang baru saya tahu atau diberitahu bahwa dia menderita penyakit asma. Awal ketahuannya ketika ada acara outdoor di daratan tinggi. Di tengah acara, karena kondisi udara dingin, nafas teman saya ini tersengal – sengal. Kami semua dibuat bingung. Kondisi membaik ketika dia istirahat sebentar. Teman saya ini kemudian meninggalkan acara dan pulang ke rumah guna menghindari akibat lebih parah.

Penyakit asma mengakibatkan kondisi kesulitan bernafas

Penyakit asma mengakibatkan kondisi kesulitan bernafas

Kejadian serangan penyakit asma bisa kita hindari asalkan kita mengetahui cara jitu untuk menghindarinya. Ternyata cara terbaik untuk menghindarinya tidaklah sulitm namun tidak banyak yang mengetahuinya, yaitu memperbaiki nutrisi yang masuk ke tubuh. Lah, kok gitu ?

Tips Mencegah Penyakit Asma Dengan Mudah

Pengen tahu bagaimana cara mencegah penyakit asma ? Lakukan hal – hal berikut ini :

1. Berhenti merokok

Jika Anda perokok aktif, segera jauhi rokok. Dari sisi medis merokok memicu banyak sekali jenis penyakit dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Cara alami penyembuhan kanker paru – paru tanpa operasi

2. Olah raga secara teratur

Sudah pasti olah raga secara teratur dan benar, tidak berlebihan, akan membuat tubuh lebih sehat. Olah raga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membuang racun, meningkatkan sirkulasi darah yang kaya atas oksigen dan meningkatkan stamina.

3. Hindari faktor alergen

Sudah pasti menjadi faktor – faktor pemicu alergi adalah kewajiban. Apa saja faktor pemicu alergi asma ? Tiap orang berbeda – beda, ada yang dari debu, makanan, bahan kimia seperti cat, udara yang dingin, bulu, asap dan sebagainya.

4. Konsumsi makanan yang tepat dan bergizi

Konsumsi makanan bergizi harus dilakukan secara tepat, baik waktu dan caranya, agar nutrisi makanan tersebut optimal terserap ke dalam tubuh. Dengan asupan gizi yang memadai maka proses pembentukan sel – sel baru akan lancar. Tubuh lebih bertenaga dan meningkat daya tahannya.

5. Perbanyak asupan sayur – sayuran dan buah – buahan.

Sayuran dan buah – buahan mudah diserap oleh tubuh. Dalam kondisi tubuh yang tidak sehat, tubuh membutuhkan waktu lebih banyak untuk istirahat, dan membentuk sel – sel baru untuk menggantikan sel – sel yang rusak. Mengkonsumsi makanan yang mudah bagi pencernaan adalah cara cerdas untuk mempercepat proses penyembuhan.

Buah strawbeery untuk penyembuhan penyakit kanker

Khasiat buah strawberry untuk menyembuhkan penyakit kanker

6. Istirahatlah yang cukup

Sudah pasti tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat. Istirahat yang terbaik untuk menstabilkan metabolisme tubuh sehingga kembali bugar adalah dengan tidur. Karenanya, jadwalkan waktu tidur yang berkualitas. Waktu tidur yang tepat adalah jam 8 malam hingga jam 4 pagi.

7. Tingkatkan kualitas emosional dan spiritual

Kesehatan fisik tidak bisa dilepaskan dari kesehatan emosi dan spiritual. Dengan tiga aspek tersebut yang berkembang secara sehat bisa dipastikan hidup kita dikatakan sehat lahir batin. Kesehatan emosional dan spiritual juga akan membantu proses penyembuhan fisik dikala sakit. Jadi, seimbangkan hidup kita.

Demikian beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan penyakit asma. Cukup mudah bukan.

Baca juga : Cara penyembuhan penyakit kanker nasopharing tanpa operasi.

 

 

 

Leave a Reply